Cek Fakta: Ulat Amerika atau Ulat Bulu Kucing Telah Menewaskan 16 Anak-Anak

*Hartono

Kamis, 22 Februari 2024 | Artikel
Cek Fakta: Ulat Amerika atau Ulat Bulu Kucing Telah Menewaskan 16 Anak-Anak
Penampakan video berdurasi 14 detik ulat Amerika atau ulat bulu kucing yang telah dibagikan berkali-kali di WhatsApp (22/02/24).
Menara Info, Bukittinggi-Menjelang dzuhur waktu setempat, sebuah group WhatsApp dihebohkan dengan kiriman video berdurasi 14 detik yang sudah diteruskan berkali-kali. Menampilkan ulat Amerika atau ulat bulu kucing memiliki ukuran tidak seperti pada umumnya (22/02/24).

Video pendek disertai dengan narasi yang beredar "Himbauan kepada seluruh masyarakat indonesia kalau melihat hewan ini tolong hindari apa lagi anak-anak. Ini ulat dari Amerika nampaknya ulat ini sudah membunuh anak 16 jiwa. Awalnya dikira anak burung jatuh, setelah dipegang si anak kejang-kejang dan tak lama meninggal racunnya melebihi bisa ular."

Apakah benar konten atau klaim tersebut menewaskan sebanyak 16 anak-anak?  

Penelusuran:
Penelusuran yang dilakukan cek fakta oleh menarainfo.valoranews.com  menggunakan mesin pencarian Google didapatkan bahwa "menyentuhnya berpotensi menyebabkan reaksi kesakitan. Bulu itu sungguh duri berbisa. Jauhi saja," kata Eric Day, pakar dari Insect ID di negara  bagian Virginia, disana banyak warga melaporkan penampakan ulat bulu. 

Ahli entomologi dari Texas A&M Agrilife  Extension Service, Moly Keck mengatakan ulat ini beracun memiliki tingkat rasa sakit yang bervariasi dan sangat berbahaya bagi orang yang menderita reaksi ekstrem terhadap gigitan serangga. Sengatannya dapat menyebabkan anafilaksis dalam kasus yang jarang terjadi, yang dapat mengancam nyawa. 

Didapatkan bahwa dampaknya otomatis akan memicu reaksi seperti pembengkakan dan kemerahan. Bahkan menurut makalah tahun 2005 yang diterbitkan di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene, orang yang terkena sengatan duri berbisa dapat mengalami gejala sakit kepala, demam, mual, muntah, kejang, dan sakit perut. Lebih lengkap dalam kanal YouTube ini https://youtu.be/rfZ1Ud0S6Rw?si=jFm5DYQXXjmvPZJO

Kesimpulan:
Berdasarkan hasil penelusuran yang dilakukan oleh menarainfo.valoranews.com menggunakan mesin pencarian Google dan YouTube terkait narasi yang beredar 16 anak-anak tewas akibat terkena bisa ulat Amerika adalah keliru.

Hal ini diperkuat dengan hasil penelusuran tidak ditemukan informasi yang akurat terkait ulat Amerika menewaskan 16 anak-anak.

*Mahasiswa

Heri Tito Rinaldi, SH, M. Kn
Dinas Pendidikan  Wilayah 1 Sumbar
Bagikan:
Ketum PJS Mahmud Marhaba
Ilustrasi foto

Pembunuh Sadis

Tajuk Rencana - 20 April 2024

Oleh: Langkahsuok

Pabukoan asli Minang, gulai ayam , agar sarikayo, perkedel...

Maanta Pabukoaan

Artikel - 23 Maret 2024

Oleh: Yopi Herdiansyah

Foto penulis: Hendri,SHI.,M.Si

Kapan 1 Ramadhan 1445 H ?

Opini - 11 Maret 2024

Oleh: Hendri, SHI.,M.Si