5 Jurus Jitu Menjadi Pembina Asrama Yang Diidolakan

*Idul Saputra, S.E

Kamis, 21 Desember 2023 | Artikel
5 Jurus Jitu Menjadi Pembina Asrama Yang Diidolakan
Ilustrasi kehidupan di asrama

Menara Info-Menjadi pembina asrama artinya siap menjadi orang tua angkatnya anak anak. Orang tua bertanggung jawab atas keberlangsungan kehidupan anaknya di asrama. Kehidupan sehari-hari dengan segala persoalan yang ada. 

Tidak sembarang orang bisa dan mampu bertahan jadi pembina asrama. Tidak pula semua pembina asrama disukai, —malahan ada yang dibenci dan dijauhi. Butuh jurus jitu yang mesti dikuasai agar anak asrama suka dan nyaman hidup di asrama.

Berikut Ini 5 jurus jitu menjadi pembina asrama yang diidolakan oleh anak asrama.

  1. Menjadi Teladan 

Anak itu meniru. Semua sikap dan tindakan pembina akan dinilai dan dijadikan contoh oleh anak untuk melakukan sesuatu. 

Maka pembina wajib jadi teladan yang positif. Teladan yang menunjukkan sikap dan perlakuan yang baik. Tindakan penyelesaian masalah yang bijak. Keseharian yang teratur.

Mulai dari cara berpakaian, kesungguhan beribadah, etika dan adab makan serta cara berkomunikasi semua itu mesti baik agar  patut dicontoh oleh anak di asrama.

2. Bisa membaca karakter anak

Asrama adalah kumpulan orang orang dari berbagai latar belakang pendidikan, orang tua, pola asuh, tutur kata, dan sikap mental yang berbeda. Semua disatukan dalam satu rumah. 

Maka sebagai seorang bapak mesti paham dan mampu membaca karakter setiap anak. Harus bisa menepatkan diri. Misalnya si A orangnya emosi maka kita hadir sebagai penenang. Si B orangnya pemalas maka kita hadir sebagai pengajak. Si C orangnya tertutup, maka kita hadir sebagai tempat berbagi cerita. 


3.Tegas dan bijaksana

Halaman:

*Tenaga Pendidik

Donasi Bencana Banjir Bandang Lahar Dingin Kabupaten Agam
Untuk lima puluh kota lebih baik
Bagikan:
Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Sedunia