Komisi V Siap Bantu Pemprov Sumbar Revitalisasi Infrastruktur Tangani Bencana

Minggu, 19 Mei 2024, 23:41 WIB | News | Sumbar
Komisi V Siap Bantu Pemprov Sumbar Revitalisasi Infrastruktur Tangani Bencana
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhammad Iqbal dan Anggota Komisi V DPR RI Syahrul Aidi Mazaat, usai pertemuan dengan Gubernur Sumbar Mahyeldi di Ruang Rapat Pimpinan Komisi V, Kamis (16/5/2024). Foto: doc

"Semoga anggaran yang diminta oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Pak Gubernur tadi sebanyak 1,5 triliun (untuk solusi jangka panjang) itu bisa terealisasi dalam waktu dekat ini atau tahun 2025 nanti," pungkas Politisi Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) tersebut.

Merespon hal itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi menyampaikan apresiasi kepada Komisi V DPR RI yang telah memberikan ruang kepada Pemprov Sumbar untuk mengkonsultasikan beberapa aspirasi terkait penanganan dampak-dampak kerusakan akibat berbagai bencana yang melanda Sumbar. Salah satunya, Pemprov Sumbar berharap adanya dukungan pembangunan sabodam atau cek dam.

"Kita punya sungai berhulu di Marapi sebanyak 15 (sungai) dan potensial berdampak kepada masyarakat ada 5. Nah berangkat dari pengalaman (bencana di) Jogja yang sungainya 10, sabodamnya itu 250 buah. Dan kita di Marapi Sumbar sungainya 15, cek damnya baru 2.

Baca juga: Ketum BKMT Syifa Fauziah Saksikan Acara Dakwis Dan Lantik Pengurus Wilayah Sumbar 2024-2029

Mudah-mudahan tahun ini bisa dilaksanakan sabodam ini, sehingga akan meminimalisir korban efek longsoran banjir apalagi ini lahar dingin yang potensi berakibat kepada masyarakat," tutur Gubernur Sumbar.

Halaman:
1 2
Deni Asra

Penulis: Ryo briges
Editor: Ryo briges
Sumber:

Bagikan:
Sakato lima puluh kota
Payakumbuh Maju