Semarak Milad HMI Ke-77, HMI Kota Bukittinggi Bersinergi Dalam Keummatan dan Kebangsaan.

Jumat, 02 Februari 2024, 21:37 WIB | Edukasi | Kota Bukittinggi
Semarak Milad HMI Ke-77, HMI Kota Bukittinggi Bersinergi Dalam Keummatan dan Kebangsaan.
Presidium KAHMI Bukittinggi , HMI Bukittinggi foto bersama anak-anak yatim

Menarainfo, Bukittinggi -Dalam menyongsong Milad Himpunan Mahasiswa Islam Ke-77, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bukittinggi melakukan berbagai kegiatan. Rangkaian acara milad bersinggungan dengan Tema yang di angkat yaitu "Membingkai Sinergisitas Keumatan dan Kebangsaan", ada kegiatan yang bersifat Keumatan dan juga Kegiatan yang bersifat Kebangsaan.

Dalam kegiatan awal HMI Cabang Bukittinggi memulainya dengan Syukuran dan Doa bersama serta bersilaturahmi dengan Anak-anak Panti Asuhan Griya Yatim & Dhuafa Aua Ateh Bukittinggi, Jum'at ( 2/2/2024). Ini adalah bagian dari kegiatan keumatan yang dirangkai dalam semarak Milad HMI ke -77

Presidium Majelis Daerah, Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kota Bukittinggi Heri Tito Rinaldi, yang juga hadir dalam kegiatan tersebut tak lupa memberikan sambutan, ia menyampaikan; Hari peringatan HMI Ke-77 tepatnya jatuh pada 5 Februari 2024. Dalam peringatan Milad HMI ke-77 dengan tema "Bersinergi dalam Bingkai Keumatan dan Kebangsaan.

Tito menyoroti pentingnya kolaborasi harmonis antara nilai-nilai keagamaan dan semangat kebangsaan. Dengan penuh semangat, ia mengajak untuk bersama-sama memperkuat keumatan sebagai landasan moral dan memupuk rasa kebangsaan dalam rangka mewujudkan masyarakat yang adil dan beradab.

"Kita sangat mengapresiasi kegiatan ini, sebab HMI merupakan anak kandung dari kemerdekaan perjuangan bangsa, HMI adalah representasi semangat pemuda, khususnya mahasiswa Islam."paparnya.

Kedepan, sambungnya.

"Urgensi HMI hari ini adalah terus berinovasi sesuai dengan dinamika zaman. Keberhasilan organisasi tidak hanya terletak pada kemampuan beradaptasi dengan perubahan, tetapi juga dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan negara. Ia menekankan bahwa HMI harus menjadi pelopor dalam menciptakan ide dan solusi inovatif untuk tantangan masa kini."

Tak lupa, ia juga menyuarakan pentingnya mempertahankan nilai moral dan etika yang terkandung dalam ajaran agama Islam. Ia menggarisbawahi, bahwa inovasi tidak boleh melupakan landasan nilai-nilai keIslaman yang telah menjadi identitas HMI.

Hal ini menjadi pijakan untuk menjaga integritas dan kepemimpinan yang berlandaskan moralitas, sehingga HMI dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan, dan menyatakan tujuan HMI yang terakhir 'terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT'.

Dengan menyatukan keumatan dan kebangsaan, Majelis Daerah KAHMI Bukittinggi itu menegaskan bahwa HMI memiliki peran strategis dalam membentuk karakter dan kepemimpinan yang berkualitas, sekaligus menjaga keutuhan negara dalam bingkai keberagaman. Peringatan MILAD HMI ke-77 ini menjadi momentum penting untuk merenung, berinovasi, dan mengukuhkan komitmen terhadap nilai-nilai keumatan, kebangsaan, moral, dan etika Islam.

Dikesempatan itu, Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bukittinggi, Firman Wahyudi, mengungkapkan, pada Opening Ceremony kegiatan pembukaan acara Milad ini, ia mengaku senang karena para senior dari HMI, ( Presidium KAHMI) sudah meluangkan waktu untuk menghadiri acara Road show milad HMI Ke- 77.

Halaman:
Asril

Penulis: Khairunas
Editor: Khairunas
Sumber: HMI Bukittinggi

Bagikan: