Limapuluh Kota Bisa Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru Sumbar, Yogi Nofrizal: Dirikan Kampus dan Hilirisasi Pertanian

Sabtu, 15 Juni 2024, 20:53 WIB | News | Kab. Lima Puluh Kota
Limapuluh Kota Bisa Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru Sumbar, Yogi Nofrizal: Dirikan...
Limapuluh Kota Bisa Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru Sumbar, Yogi Nofrizal: Dirikan Kampus dan Hilirisasi Pertanian
LIMA PULUH KOTA,Menarainfo

-- Tokoh pengusaha muda sukses asal Kabupaten Limapuluh Kota, Yogi Nofrizal mendorong pemerintah daerah segera merealisasikan wacana pembangunan perguruan tinggi di tanah kelahirannya.

Yogi Nofrizal meyakini, pendirian kampus di Luhak Nan Bungsu, adalah strategi paling tepat dan efektif untuk menjadikan Limapuluh Kota sebagai pusat perekonomian baru di wilayah utara Sumatera Barat.

Apalagi letaknya berbatasan dengan Provinsi Riau yang ke depan akan terhubung ke jalan tol Trans Sumatera via Bangkinang-Pangkalan.

"Sebab pendirian kampus di Limapuluh Kota itu, bukan hanya soal kebutuhan akan pemerataan infrastruktur pendidikan. Tapi juga soal menggerakkan ekonomi masyarakat dan daerah," ujarnya.

Di sisi kebutuhan, kata Yogi, pendirian universitas di Limapuluh Kota sudah seharusnya segera diwujudkan. Apalagi kenyataan saat ini, 8 dari 10 lulusan SMA di Luhak Nan Bungsu, terpaksa harus melanjutkan pendidikan di luar kampung halaman.

"Sementara biaya kuliah saat ini tidak lagi murah. Lalu jika di Limapuluh Kota masih dibiarkan tidak ada kampus, masih sanggupkah setiap orang tua di Limapuluh Kota membiayai anak mereka kuliah di Kota Padang, Bukittinggi, Pekanbaru dan sebagainya?," ucap politisi Golkar ini.

Yogi Nofrizal meyakini, mendirikan suatu kampus tidak ubahnya dengan mendirikan suatu pusat perekonomian baru. Dampak ekonomi ini telah nyata dirasakan masyarakat di berbagai daerah.

Seperti dampak ekonomi pendirian UIN di kawasan Garegeh Kota Bukittinggi, keberadaan UNP di Air Tawar serta hidupnya berbagai sektor ekonomi dan UMKM masyarakat di daerah Limau Manis Kota Padang dengan adanya kampus UNAND.

Artinya, mendirikan universitas di Limapuluh Kota bukan hanya soal meratakan infrastruktur pendidikan saja. Namun juga soal menggerakkan potensi ekonomi masyarakat dan daerah.

Yogi menambahkan, selama ini Kabupaten Limapuluh Kota telah menjadi salah satu daerah pemasok utama aneka komoditas hortikultura dan peternakan ke daerah maupun provinsi tetangga.

Besarnya potensi ekonomi sektor pertanian, perkebunan, kehutanan maupun peternakan Limapuluh Kota ini, hanya perlu digiring dan didorong ke arah hilirisasi industri pengolahan produk.

Halaman:
Lowongan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Guguak Panjang

Penulis: Ryo briges
Editor: Ryo briges
Sumber:

Bagikan:
Penerimaan Pendaftaran Pengawas TPS Kecamatan Sungai Tarab
Petunjuk Teknis Pembentukan Dan Pergantian Antar Waktu Pengawas TPS Dalam Pemilihan 2024
Pengumuman Pendaftaran Calon Anggota Pengawas TPS Kelurahan/ Desa Se Kecamatan Sungayang