Workshop Penggunaan Teleskop Robotik Oleh Observatorium Astronomi ITERA Lampung

Rabu, 17 Juli 2024, 21:13 WIB | Edukasi | Nasional
Workshop Penggunaan Teleskop Robotik Oleh Observatorium Astronomi ITERA Lampung
Mahasiswa mengikuti Workshop Penggunaan Teleskop Robotik

Lampung - Observatorium Astronomi ITERA Lampung sebagai salah satu Observatorium yang ada di Sumatera telah melaksanakan workshop penggunaan teleskop robotik.

Workshop kali ini mengusung tema Perencanaan Pengamatan dan Pengendalian Teleskop Robotik Menggunakan N.I.N.A. ( Nighttime Imaging 'N Astronomy).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruangan Workshop C, Institut Teknologi Sumatera, Senin (15/7/2024).

Mahasiswa dengan fokus mendengarkan nara sumber dalam Workshop Teleskop Robotik
Mahasiswa dengan fokus mendengarkan nara sumber dalam Workshop Teleskop Robotik

Adapun tujuan workshoo, yaitu pengembangan ilmu terkhususkan bagi mahasiswa yang tertarik dengan ilmu astronomi dan penggunaan teleskop. Ada banyak kegiatan yang telah dilakukan, salah satunya pengenalan jenis jenis teleskop dan pengaplikasian NINA pada Teleskop Robotik.

Ridho W. Wibowo, S.Si, M.Si., M.Sc. Selaku moderator pembuka acara mengatakan , pelatihan ini di lakukan agar peserta dapat lebih mengerti bagaimana tata cara melakukan pengamatan dengan teleskop robotik.

"Saya berharap semoga nanti dengan belajar NINA, peserta dapat melakukan pengamatan dengan efisien dan terstruktur, "ujar Ridho.

Pelatihan ini di laksanakan dengan 3 orang narasumber. Salah satunya Dr. Robiatul Muztaba,S.Si.,M.Si. yang merupakan dosen program studi Sains Atmosfer dan Keplanetan.

Robiatul menyampaikan kegiatan ini akan terus berlanjut bagi mahasiswa yang tertarik melaksanakan tugas akhir dengan menggunakan teleskop robotik.

Pengajaran penggunaan perangkat lunak NINA sebagai sistem robotik merupakan salah satu software yang gratis dan open source sehingga semua orang bisa mencoba.

"Paling tidak semua orang bisa kenal dengan N.I.N.A, soalnya banyak astronom amatir dan profesional yang belum tahu tentang software itu padahal kemampuannya nggak kalah sama software-software yang berbayar, bahkan lebih canggih," tutup Adhitya Oktaviandra,S.T. selaku narasumber 3 sekaligus Laboran OAIL.

Deni Asra

Penulis: Shafa Annisa Daud
Editor: Adjurama Gustijah
Sumber:

Bagikan:
Sakato lima puluh kota
Payakumbuh Maju