Ajak Tokoh Masyarakat Kembalikan Peranannya; Bersama LAN Perangi Dan Berantas Penyebaran Narkoba

Sabtu, 27 Juli 2024, 04:45 WIB | News | Sumbar
Ajak Tokoh Masyarakat Kembalikan Peranannya; Bersama LAN Perangi Dan Berantas Penyebaran...
ilistrasi

MenaraInfo | Padang - Lembaga Anti Narkotika (LAN) Provinsi Sumatera Barat bermaksud mengadakan Seminar Penyuluhan Dan Sosialisasi Anti Narkoba di Wilayah Sumbar. Disampaikan pada Jum'at, 26 Juli 2024. Hal ini merupakan salah satu aksi nyata LAN dalam Upaya Pencegahan, dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba di Sumatera Barat. Penyuluhan dan Sosialisasi akan dilaksanakan akhir bulan Juli di Padang.

Keprihatinan dan perhatian terhadap narkoba sesuai dengan program LAN untuk bersama masyarakat menjaga nagari dan masyarakat. Ketua Lembaga Anti Narkotika Provinsi Sumbar, Firman Sikumbang mengatakan,
"Kami sangat prihatin melihat situasi pendistribusian narkotika sekarang ini dimulai dari Nagari ke Kota, tidak seperti dulu lagi, dari kota ke perkampungan. Jadi kami perlu terlibat langsung dalam anggota narkotika ini, seperti niniak mamak, cadiak pandai, alim ulama dan LAN punya program untuk itu. mengembalikan fungsi niniak mamak, mengembalikan peran cadiak pandai bersama masyarakat untuk meminimalisir penyebaran narkotika yang ada di daerahnya masing-masing," papar Firman.

Kepada MenaraInfo-valoranews.com Firman Sikumbang menerangkan dari hasil pengamatan LAN, karena semakin maraknya penyebaran narkotika dikalangan remaja maupun orang dewasa saat ini maka mustahil antisipasi penyebaran narkotika dapat dilakukan jika hanya mengandalkan Kepolisian atau pihak BNN saja.

Saat ini Lembaga Anti Narkotika (LAN) sedang menyusun strategi bagaimana daerah-daerah yang rawan narkotika bersama LAN akan menggandeng ninik mamak, tokoh masyarakat, cadiak pandai, dan alim ulama di daerah tersebut untuk memberantas narkotika ini. Dari Ketua LAN Sumbar diketahui daerah yang terparah saat ini, antara lain; Kota Payakumbuh dan Kabupaten Pesisir Selatan.

"Kami sudah konfirmasi dengan Bupati, dengan Camat, dan Wali Nagari, untuk beberapa bulan ke depan kami (LAN) akan melakukan sosialisasi dan memberikan aksi terhadap narkotika tersebut, untuk menghambat penyebarannya," kata Firman.

Seminar penyuluhan dan sosialisasi Anti Narkoba LAN Sumbar akan dilaksanakan di berbagai Kota dan Kabupaten, mengingat pentingnya masyarakat mengetahui bahaya dari narkoba itu sendiri, terutama untuk para orang tua. Penyuluhan dan sosialisasi ini nanti dengan cara memberikan pengarahan dan penjelasan dampak narkoba kepada masyarakat luas, khususnya anak muda.

Firman menerangkan,"Dengan program ini, mungkin nanti kita akan nengusahakan datang ke sekolah-sekolah dan memberikan penyuluhan, sosialisasi anti narkoba untuk mewujudkan aksi nyata dari Lembaga Anti Narkotika Provinsi Sumatera Barat. Sosialisasi kali ini, pada akhir bulan Juli tahun ini kami laksanakan di Kota Padang, kami menyediakan tempat untuk 200 orang dan kami mengundang nara sumber dari BNN, Kapolda dan Dinas Kesehatan," katanya.

Pewarta : Ernita Desyanti

Lowongan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Guguak Panjang

Penulis: Ernita Desyanti
Editor: Ernita Desyanti
Sumber:

Bagikan:
Penerimaan Pendaftaran Pengawas TPS Kecamatan Sungai Tarab
Petunjuk Teknis Pembentukan Dan Pergantian Antar Waktu Pengawas TPS Dalam Pemilihan 2024
Pengumuman Pendaftaran Calon Anggota Pengawas TPS Kelurahan/ Desa Se Kecamatan Sungayang