Kembangkan Jiwa Wirausaha: UKM Bisnis UIN SMDD Bukittinggi Adakan Seminar dan Business Plan Competition

Selasa, 24 September 2024, 08:02 WIB | Ekonomi | Kota Bukittinggi
Kembangkan Jiwa Wirausaha: UKM Bisnis UIN SMDD Bukittinggi Adakan Seminar dan Business...
Foto para pemenang Business Plan Competition ya g diadakan UKM Bisnis UIN SNSD, Sabtu (21/9/2024)

Bukittinggi -- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bisnis Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek (SMDD) Bukittinggi mengadakan kegiatan Seminar dan Business Plan Competition di Gedung Cinema O pada Sabtu, 21 September 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan jiwa wirausaha serta mengasah kemampuan mahasiswa dalam perencanaan bisnis. Seminar ini menghadirkan narasumber yang kompeten dan berpengalaman di bidang bisnis.

Hal ini disampaikan oleh Tengku Rafli, Ketua Umum UKM Bisnis.

Foto Narasumber dan Panitia Seminar dan Business Plan Competition, Sabtu (21/9/2024) di UIN SMDD
Foto Narasumber dan Panitia Seminar dan Business Plan Competition, Sabtu (21/9/2024) di UIN SMDD

"Tujuan utama dari seminar ini tentu menanamkan jiwa wirausaha kepada audiens. Kami mendatangkan narasumber yang merupakan praktisi usaha, bukan sekadar teori, tetapi sudah memiliki perusahaan besar. Ada sesi tanya jawab untuk menjawab semua keraguan audiens. Sedangkan tujuan utama dari Business Plan Competition adalah untuk mengasah mahasiswa dalam mematangkan perencanaan bisnis. Mereka bisa belajar langsung dari koreksi dewan juri, melakukan riset ilmiah, dan menyusun proposal," jelas Tengku Rafli.

Baca juga: Kompetisi Futsal UIN Sjech M. Djamil Djambek: Mengukir Prestasi dalam Momen Ulang Tahun UKM Bisnis

Dr. M. Arifin, S.Pd., M.Pd., salah satu narasumber dalam kegiatan seminar, menyampaikan kepada seluruh mahasiswa yang hadir terkait banyaknya keuntungan yang akan diperoleh ketika menjadi pengusaha.

"Menjadi pengusaha itu banyak keuntungannya, seperti lebih akrab dengan uang, kalau karyawan hanya sekali sebulan. Bisa mengatur waktu sendiri, bukan diatur waktu, serta dapat mengatur orang dan sistem, bukan kita yang diatur. Selain itu, tidak bisa dipecat, usaha dan jabatan bisa diwariskan, bisa terjun ke berbagai usaha lain, dan tidak perlu malu kalau kaya. Kita juga bisa lebih banyak menolong dan bersedekah, serta menjadi inspirasi bagi orang lain untuk sukses. Insyaallah, menjadi pengusaha merupakan salah satu pekerjaan mulia yang bisa mengantarkan kita masuk surga lebih dulu," jelas Dr. M. Arifin.

Nazif, S.E., M.M., salah satu juri dalam Business Plan Competition, mengungkapkan kekaguman dan harapannya terhadap kegiatan ini.

"Saya pikir event ini keren, karena mendorong seseorang menjadi pengusaha meskipun kebanyakan mahasiswa baru sebatas ide. Saya berharap kegiatan ini tidak hanya menjadi acara sesaat, tetapi juga mampu mengubah mindset mahasiswa agar mereka berani menjadi pengusaha dengan ide yang sudah mereka miliki. Itu yang paling penting," ungkap Nazif.

Tim pemenang Business Plan Competition yang terdiri dari Adinda, Rani, dan Akbar juga mengungkapkan kesan dan harapan mereka terhadap kegiatan ini.

"Kami ingin menciptakan bisnis yang lebih nyata dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari," ujar Akbar, salah satu anggota tim pemenang.

Halaman:
Lowongan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Guguak Panjang

Penulis: Rahma Mutia
Editor: Adjurama Gustijah
Sumber:

Bagikan:
Penerimaan Pendaftaran Pengawas TPS Kecamatan Sungai Tarab
Petunjuk Teknis Pembentukan Dan Pergantian Antar Waktu Pengawas TPS Dalam Pemilihan 2024
Pengumuman Pendaftaran Calon Anggota Pengawas TPS Kelurahan/ Desa Se Kecamatan Sungayang