Puskesmas Mandiangin Gelar Rapat Koordinasi P4K Dan Ibu Hamil Beresiko Tinggi

Jumat, 18 Oktober 2024, 10:24 WIB | News | Kota Bukittinggi
Puskesmas Mandiangin Gelar Rapat Koordinasi P4K Dan Ibu Hamil Beresiko Tinggi
Puskesmas Mandiangin dan PMI Kota Bukittinggi mengadakan kegiatan P4K serta pemantauan Ibu Hamil Beresiko Tinggi, di Kelurahan Campago Ipuah, Kamis (17/10/2024)

Bukittinggi — Puskesmas Mandiangin bekerja sama dengan Unit Donor Darah (UDD) Syariah Leman PMI Kota Bukittinggi mengadakan Rapat Koordinasi, di Kantor Lurah Campago Ipuah, Kamis (17/10/2024).

Rapat Koordinasi Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) serta pemantauan ibu hamil berisiko tinggi ini bertujuan untuk memastikan persalinan aman.

Dr. Lusfinaldi, Kepala UDD Syahrial Leman PMI Kota Bukittinggi, mengatakan "kegiatan P4K ini sangat penting untuk memastikan ibu hamil dapat menjalani persalinan yang aman."

Donor darah di Kelurahan Campago Ipuah, Kamis (17/10/2024)
Donor darah di Kelurahan Campago Ipuah, Kamis (17/10/2024)

Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan P4K agar pendataan ibu hamil di Kelurahan Campago Ipuah dapat terkoordinasi dengan baik," ujarnya.

Selain itu, kelurahan ini juga akan menyiapkan mobil siaga yang memudahkan masyarakat dalam mencari donor darah dan rumah sakit rujukan untuk persalinan.

Selain melakukan sosialisasi, Puskesmas Mandiangin juga mengadakan kegiatan donor darah melalui mobile unit donor darah.

"Biasanya kegiatan ini dilakukan di Puskesmas Mandiangin, tetapi kini kami berupaya menjangkau seluruh kelurahan di bawah Puskesmas Mandiangin agar kegiatan donor darah dapat berjalan setiap bulan," Kata Dr. Lusfinaldi

Kepala Puskesmas Mandiangin, Masindra Revi menegaskan pentingnya komitmen masyarakat Kelurahan Campago Ipuah dalam mendukung program donor darah ini, kami berkoordinasi dengan lintas sektor, seperti kelurahan, sekolah, dan kader masyarakat, untuk menggalang calon pendonor darah.

Revi juga menekankan bahwa ibu hamil berisiko tinggi akan dirujuk ke rumah sakit dengan dukungan penuh, termasuk memastikan ketersediaan darah di PMI.

" Puskesmas Mandiangin melakukan pemantauan terhadap ibu hamil berisiko tinggi melalui kunjungan rumah, komunikasi telepon, dan kelas ibu hamil, dengan harapan mereka memiliki calon pendonor darah yang siap membantu kapan saja," tambahnya.

Wisnaldi, S.E, Lurah Campago Ipuah, menyambut baik kegiatan ini dan menyatakan dukungan penuh terhadap program P4K untuk mengantisipasi risiko tinggi dalam persalinan di wilayahnya.

Halaman:
Lowongan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Guguak Panjang

Penulis: Adjurama Gustijah
Editor: Al Mangindo Kayo Gadang
Sumber:

Bagikan:
Penerimaan Pendaftaran Pengawas TPS Kecamatan Sungai Tarab
Petunjuk Teknis Pembentukan Dan Pergantian Antar Waktu Pengawas TPS Dalam Pemilihan 2024
Pengumuman Pendaftaran Calon Anggota Pengawas TPS Kelurahan/ Desa Se Kecamatan Sungayang