5 Fasilitas Mesjid Yang Harus Diperhatikan Agar Jamaah Rajin Hadir Ke Mesjid

*Idul Saputra, S.E

Jumat, 29 Desember 2023 | Artikel
5 Fasilitas Mesjid Yang Harus Diperhatikan Agar Jamaah Rajin Hadir Ke Mesjid
Ilustrasi mesjid tempat beribadah

Dengan kondisi seperti ini, bukan tak mungkin akan menambah kemalasan jamaah untuk hadir ke mesjid.

3. Persediaan air yang cukup

Mengantri dalam berwudhu itu biasa, namun mengantri dengan durasi yang lama akan merisihkan jamaah. Air yang tidak lancar dengan volume air keluar kecil akan menghadirkan keresahan. Apalagi jamaah yang rutin sholat berjamaahnya, tiba-tiba ketinggalan sholat jamaah karena sibuk antri berwudhu', itu akan menjengkelkan. 

Bukan tidak mungkin jamaah tersebut mencari mesjid lain yang lebih lancar airnya. Sangat prihatin, jamaah meninggalkan mesjid karena ketidaklengkapan fasilitas. Padahal sering kali kas mesjid ada dan mencukupi untuk itu.

4. Karpet sajadah bersih dan harum

Jamaah akan sedikit terusik dengan keadaan mesjid yang kurang bersih, kekhusukan sholat bisa saja terganggu karena keadaan karpet sajadahnya. 

Ketika pandangan ke tempat sujud ternyata ada pasir dan debu akan membuyarkan konsentrasi. Hidung tak sengaja menghirup debu itu dan kening yang bersentuhan dengan tempat sujud —setalah bangkit dari sujud– menempel beberapa pasir. 

Sehingga sering kali dzikir setelah sholat diiringi dengan mengambili pasir dan menampari debu yang berada di tempat sujud itu. Oleh karena itu, perlu sekali memastikan kebersihan dan keharuman tempat sujud sebelum sholat akan dimulai.

5. Tempat istirahat dan air minum

Acap kali jamaah pendatang butuh tempat beristirahat. Istirahat dari lelahnya perjalanan untuk sekedar merebahkan badan dan mengurangi kepenatan. 

Mesjid sebaiknya hadir sebagai tempat bernaung dengan menyediakan tempat istirahat apalagi ditambah dengan air hangat untuk penghilang dahaga. Itu akan menjadi daya tarik bagi kehadiran jamaah.

Halaman:

*Tenaga Pendidik - Relawan Sosial Kemanusiaan -Pegiat Literasi

Donasi Bencana Banjir Bandang Lahar Dingin Kabupaten Agam
Untuk lima puluh kota lebih baik
Bagikan:
Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Sedunia