Ketua PMI Pusat Jusuf Kalla, Tinjau Langsung Bencana Alam di Sumatera Barat

Selasa, 14 Mei 2024, 21:46 WIB | News | Kab. Agam
Ketua PMI Pusat Jusuf Kalla, Tinjau Langsung Bencana Alam di Sumatera Barat
Ketua PMI Pusat Jusuf Kalla tinjau langsung bencana di Sumatera Barat, Kabupaten Agam

Agam (14/5/2024) - Ketua Umum Palang Merah Indonesia Pusat Dr. Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla melakukan kunjungan ke beberapa daerah terdampak bencana di Sumatera Barat.

Di Kabupaten Agam, Jusuf Kalla melintasi Malalak menuju Kota Bukittinggi untuk melakukan kunjungan bencana banjir bandang lahar dingin yang menimpa warga Bukik Batabuah, Kecamatan Candung, Selasa siang (14/5/2024).

Jusuf Kalla, sangat prihatin atas bencana yang menimpa masyarakat Sumatera Barat, bahkan sampai menimbulkan korban jiwa.

Ketua PMI Sumatera Barat Aristo Munandar mendampingi Ketua PMI Pusat Jusuf Kalla
Ketua PMI Sumatera Barat Aristo Munandar mendampingi Ketua PMI Pusat Jusuf Kalla

"Bencana ini bagi kita menjadi pelajaran, agar kita selalu menjaga hutan, menjaga sungai, menjaga selokan, menjaga lingkungan, agar tidak terjadi bencana, tahap berikutnya kesiap siagaan, seperti kata Aristo Munandar kepada saya, itulah kita PMI,"ujar Jusuf Kalla.

"PMI akan selalu ada untuk membantu masyarakat, pada saat bencana dan masalah kemanusiaan, yang pertama membantu evakuasi, yang kedua membantu memenuhi kebutuhan darurat warga di pengungsian, seperti kebutuhan makanan, air bersih, pakaian, dan kebutuhan lainnya".

" Setelah kebutuhan darurat warga terpenuhi, PMI juga akan melakukan tahapan berikutnya, bersama-sama Pemerintah untuk rehabilitasi masyarakat terdampak bencana,"ungkap Jusuf Kalla.

Bupati Agam Andri Warman menyambut kedatangan Ketua PMI Pusat Jusuf Kalla
Bupati Agam Andri Warman menyambut kedatangan Ketua PMI Pusat Jusuf Kalla

"PMI akan selalu ada di garda terdepan dalam hal penanganan bencana, datang lebih awal, pulang paling akhir, "tegas Jusuf Kalla.

Ketua PMI Provinsi Sumatera Barat, Drs. Aristo Munandar mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, MM, karena hari pertama bencana beliau langsung telepon saya, luar biasa respon cepat beliau terhadap warganya yang terkena bencana.

Aristo Munandar mengatakan, pada saat terjadi bencana, PMI setempat langsung membantu masyarakat yang terdampak, lalu melakukan assesment, mereka mengirimkan data tersebut ke PMI Provinsi, kami dari PMI provinsi lagsung berangkat ke lapangan, bawa apa pun yang ada, di lokasi kita langsung bergabung dengan PMI setempat, jadi semua sudah ada prosedurnya.

Ketua PMI Bukittinggi Chairunnas ikut serta menyambut kedatangan Ketua PMI Sumbar Aristo Munandar dan Ketua PMI Pusat Jusuf Kalla
Ketua PMI Bukittinggi Chairunnas ikut serta menyambut kedatangan Ketua PMI Sumbar Aristo Munandar dan Ketua PMI Pusat Jusuf Kalla

"Kita lihat pengungsian kalau memang ada, kita penuhi kebutuhan darurat warga, seperti makanan, minuman, dan lainnya, kalau di pengungsian lama, harus kita pikirkan hunian sementara, kita carikan dananya untuk membuat hunian sementara," Kata Aristo Munandar.

"Di daerah bencana biasanya sering terjadi kelangkaan air bersih, PMI Provinsi Sumatera Barat, saat bencana ini, di Agam dan daerah lainnya di Sumatera Barat sudah mengirimkan 2 mobil tangki air bersih, dari medan juga 2 mobil tangki air bersih, akan menyusul dari Banten, juga 2 mobil tangki air bersih, tutup Aristo Munandar.

Halaman:
Donasi Bencana Banjir Bandang Lahar Dingin Kabupaten Agam

Penulis: Adjurama Gustijah
Editor: Adjurama Gustijah
Sumber:

Bagikan:
Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Sedunia
Untuk lima puluh kota lebih baik