3 Kesalahan Fatal Orang Tua dalam Menentukan Sekolah Lanjutan Anak

*Idul Saputra, S.E

Kamis, 04 Januari 2024 | Artikel
3 Kesalahan Fatal Orang Tua dalam Menentukan Sekolah Lanjutan Anak
Ilustrasi anak bersekolah dengan giat

Disamping menyesuaikan dengan kemampuan dan keinginan anak, orang tua juga harus mengukur kemampuan diri. Sanggup tidak menyekolahkan anaknya di sekolah tertentu. Kesanggupan tidak membayar biaya dari awal hingga selesai, mesti ditimbang-timbang. 

Tidak baik pula memaksakan diri memenuhi keinginan anak, anak ngotot ingin sekolah di sekolah kesehatan tapi orang tua tak mampu, tetap dituruti sehingga satu semester baru sudah putus ditengah jalan, adalah kesia-siaan.

3. Tidak tahu informasi lengkap tentang sekolah 

 

Orang tua dari jauh jauh hari mesti mencari informasi sebanyak mungkin tentang sekolah yang akan dituju. Mulai dari pendaftaran, biaya sekolah, bangunan dan fasilitas metode dan kurikulum pembelajaran, budaya dan karakter sekolah itu sendiri. 

Dengan tahu informasi detailnya, orang tua bisa menyesuaikan dengan kemampuan anak dan orang tua sendiri. Anak bisa dibekali —mental, kemampuan adaptasi, motivasi – oleh orang tua.

Itulah beberapa kesalahan orang tua yang sering terjadi, dalam menentukan sekolah lanjutan mana tempat anaknya berlabuh. Dengan membaca tulisan ini, bisa hendaknya orang tua lebih bijak dan hati-hati dalam mengambil keputusan, sehingga anak  nyaman dan tentram dalam menjalani pendidikannya. Serta orang tua tidak terpaksa dan merasa terbebani.

(Doel)

Halaman:
1 2

*Tenaga Pendidik - Relawan Sosial Kemanusiaan -Pegiat Literasi

Donasi Bencana Banjir Bandang Lahar Dingin Kabupaten Agam
Untuk lima puluh kota lebih baik
Bagikan:
Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Sedunia