Bupati Safaruddin Tinjau Empat Titik Lokasi Banjir Sekaligus Berikan Bantuan untuk Korban Terdampak

Selasa, 19 Desember 2023, 23:12 WIB | News | Kab. Lima Puluh Kota
Bupati Safaruddin Tinjau Empat Titik Lokasi Banjir Sekaligus Berikan Bantuan untuk Korban...
Bupati Safaruddin Dt.Bandaro Rajo saat menyerahkan bantuan darurat bencana ke beberapa Walinagari

Lima Puluh Kota,Menarainfo - Bupati Kabupaten lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo didampingi Kapolres Limapuluh Kota AKBP Ricardo Condrat Yusuf serta Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Andri Asmara Yudha dan Pj Sekda kunjungi dan serahkan bantuan kepada warga yang terdampak banjir, yang berada di empat titik yang berbeda pada Selasa (19/12/2023) siang Usai Memperingati upacara Hari Bela Negara ke 75 di Monumen Bersejarah PDRI Koto Tinggi kecamatan Gunuang Omeh.

Kunjungan rombongan Bupati ke lokasi banjir tersebut berada di Empat kenagarian yaitu, Tarantang, Taram, Kubang Rasau dan Bukik Sikumpa, turut hadir BPBD, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Perkebunan, Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup dan OPD lainnya.

"Bantuan berupa sembako dan bahan pangan pokok lainnya kita berikan untuk meringankan beban masyarakat terdampak banjir yang berada di beberapa tenda/Posko pengungsian.

Di Kanagarian Tarantang Rombongan bupati Safaruddin mendengarkan laporan dari Walinagari setempat, korban yang terdampak banjir sangat membutuhkan logistik seperti makanan, air bersih serta kebutuhan untuk anak kecil. Disana, banyak kepala keluarga yang terdampak, jumlahnya mencapai 512 kepala keluarga.

Baca juga: Komisi V Siap Bantu Pemprov Sumbar Revitalisasi Infrastruktur Tangani Bencana

Kemudian, jalan utama di Nagari Taram yang berada di dekat jembatan panjang Sungai Batang Sinamar dijadikan sebagai posko banjir. Ada puluhan kepada keluarga yang ditampung disana.

Berdasarkan laporan Walinagari Taram kepada Bupati Safaruddin, ada 234 kepala keluarga yang terdampak banjir di nagari tersebut.

Selanjutnya, di Posko Banjir Kubang Rasau ada 34 kepala keluarga yang jadi korban banjir. Umumnya, para korban tersebut bermukim di pinggir Sungai Batang Sinamar. Terakhir di Posko Banjir Bukik Sikumpa, terdapat 15 kepala keluarga korban banjir yang rumahnya direndam air. Disana, selain menyerahkan bantuan untuk kebutuhan warga di tenda darurat, ibu hamil juga kebagian nutrisi dari Bupati Safaruddin. Begitupun, anak-anak sekolah mendapatkan buku tulis gratis.

Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo saat meninjau lokasi banjir menyampaikan keprihatinannya atas musibah banjir yang menimpa di beberapa wilayah di kabupaten lima puluh kota yang merupakan cobaan dari Allah SWT.

Baca juga: Aksi Heroik Babinsa Sertu Agung Evakuasi Warga Dan Ternak Milik Warga Dari Terjangan Banjir

Ia berharap masyarakat yang terkena dampak banjir dapat bersabar, dirinya selaku Pemerintah tidak akan tinggal diam dan akan terus berupaya memberikan perhatian dan memberikan bantuan kepada masyarakat korban banjir.

Halaman:
Donasi Bencana Banjir Bandang Lahar Dingin Kabupaten Agam
Untuk lima puluh kota lebih baik

Penulis: Ryo briges
Editor: Ryo briges
Sumber:

Bagikan:
Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Sedunia