Bang Wako Peduli: Manfaat dan Reaksi Minus

Jumat, 15 Maret 2024, 16:30 WIB | News | Kota Bukittinggi
Bang Wako Peduli:  Manfaat dan Reaksi Minus
Bang Wako Peduli: Manfaat dan Reaksi Minus

Menarainfo, Bukittinggi -- Tiga tahun terakhir, Pemko Kota Bukittinggi di bawah kepemimpinan Walikota H. Erman Safar, S.H., istiqamah, konsisten dalam ikhtiar meningkatkan kesejahteraan masyarakat kota.

Berbagai program jaminan kesejahteraan sosial dan ekonomi kerakyatan secara riil telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Bukittinggi. Efek nyatanya, jumlah atau angka kemiskinan kota turun secara signifikan/berarti.

Saat ini, data akhir 2023, warga miskin Kota Bukittinggi 4,11 persen. Turun secara berarti dari sebelumnya 4,54 persen. Dari sisi jiwa, dari 6,01 ribu jiwa turun jadi 5,78 ribu jiwa.

"Kami akan terus, konsisten membantu rakyat agar meningkat ekonomi dan kesejahteraannya. Kemiskinan harus terus dikurangi sehingga seseorang terhindar jauh dari kekufuran," ujar Erman Safar.

Baca juga: Pendapat Ketua KNPI Bukittinggi Tentang Polemik Bang Wako Peduli

Program peningkatan kesejahteraan Kota Bukittinggi, dikenal dengan 'Bang Wako Peduli' pembiayaannya bersumber dari APBD Kota, APBN, Baznas, partisipasi masyarakat dan CSR (corporate social responsibility, tanggung jawab sosial perusahaan).

Berbagai program kesejahteraan mencakup bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan tenaga kerja, yang sudah dijalankan:

Iuran Komite Sekolah

Program bantuan iuran komite sekolah, sudah dijalankan sejak tahun 2022. Program ini berupa pembayaran uang komite siswa SMAN, SMKN dan SLBN. Sebelumnya jadi beban orangtua siswa setiap bulan, sekarang Pemko Bukittinggi yang membayar. Ada 5.097 siswa yang iuran komite sekolahnya dibayarkan setiap bulannya.

Siswa SMA, SMK dan SLB Swasta juga dibayarkan iuran komite sekolahnya. Ada 698 siswa yang diberi program bantuan berupa hibah untuk lunasi iuran komite setiap bulan.

Tambahan Honor Guru Honorer

Halaman:

Penulis: Yopi Herdiansyah
Editor: Yopi Herdiansyah
Sumber:

Bagikan: