Insan Pers Harus Mempunyai Keberanian untuk Kebenaran, 'Rohana Kudus

Jumat, 22 Maret 2024, 15:18 WIB | News | Kota Bukittinggi
Insan Pers Harus Mempunyai Keberanian untuk Kebenaran, 'Rohana Kudus
Pro Jurnalismedia Siber Bukittinggi dan sahabat melakukan pelatihan jurnalistik dengan nara sumber Pimpred Buliran, Teddy Chaniago dari Jakarta dan Pimpred Metrokini, Dasman Boy, dari Padang

Menara Info, Bukittinggi - Kaum muda mempunyai banyak potensi untuk mengeksplorasi minat dan bakatnya lebih dalam dan pada hakikatnya semua manusia memilikinya.

Seperti pada sebuah ungkapan yaitu jika ingin mengenal dunia maka membacalah dan jika ingin dikenal dunia maka menulislah. Dari ungkapan tersebut kita dapat tadabburi (Merenungkan-Red) bahwa setiap insan dituntut untuk gemar membaca dan menulis.

Salah satu seorang tokoh perempuan yang juga turut andil memperjuangkan hak-hak perempuan pada zamannya yaitu Rohana Kudus. Seorang Wartawati pertama di Indonesia yang berasal dari Nagari Koto Gadang, Kec. IV Koto Kab. Agam Sumatera Barat. Pada tahun 1912, ia memprakarsai surat kabar khusus perempuan, Soenting Melajoe.

Melalui tulisannya ia memperjuangkan nasib perempuan di tanah Melayu kemudian dibelahan negara lainnya Rohana memberikan gagasan bahwa perempuan bisa berperan dalam organisasi pergerakan dan perpolitikan.

Oleh karena itu insan pers sangat perlu untuk dapat bercermin dari kisah Rohana Kudus yang mampu memperjuangkan kebenaran melalui tulisannya.

Kesempatan buka puasa bersama sekaligus pelatihan jurnalistik di salah satu rumah makan kota Bukittinggi Teddy G Chaniago mengatakan "Jangan ada kata puas untuk belajar dan selalu menjaga hubungan baik dengan relasi."

Kemudian ia mengungkapkan profesi wartawan merupakan insan yang diberikan anugerah untuk mampu lebih luas wawasannya dan mempunyai keberanian tanpa batas.

Dasman Boy Dt Rajo Dihilie juga turut memberikan wejangan kepada wartawan PJS Kota Bukittinggi. Ia mengatakan "Membuat pemberitaan yang menarik itu dari persoalan berbagai sisi, yang sesuai kebutuhan situasi dan kondisi."

"Diharapkan pelatihan jurnalistik kali ini dapat membawa wartawan PJS kota Bukittinggi lebih kreatif dan inovatif serta profesional dalam menjalankan fungsi dan tugas wartawan," tutup Hamriadi selaku moderator dan juga ketua DPC PJS Kota Bukittinggi.

Penulis: Hartono
Editor: Adjurama Gustijah
Sumber:

Bagikan:
Ketum PJS Mahmud Marhaba
Dinas Pendidikan  Wilayah 1 Sumbar
Heri Tito Rinaldi, SH, M. Kn