Menyigi Program Bang Wako dan Energi di Tahun Politik

Minggu, 24 Maret 2024, 14:55 WIB | Edukasi | Kota Bukittinggi
Menyigi Program Bang Wako dan Energi di Tahun Politik
Walikota Bukittinggi Erman Safar

*Menyigi Program Bang Wako dan Energi di Tahun Politik*

Oleh *Afrimen MN**

TAHUN ini, tepatnya 27 November 2024 pilkada serentak se-Indonesia akan berlangsung. Proses menuju politik lokal sudah mulai terlihat. Ada pihak-pihak yang mulai ber-ancang-ancang.

Pandangan kita fokuskan ke Kota Bukittinggi. Angin-angin tipis suasana pilkada mulai berhembus di kota kecil yang punya daya magnet besar itu. Dan kita coba menilik Kota Bukittinggi di bawah kepemimpinan Walikota H. Erman Safar, S.H.

Baca juga: Pemko Bukittinggi Bayarkan Uang Komite Siswa dan Honor Guru Non PNS

Pada 26 Februari 2021, dalam kondisi pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya reda, Erman Safar dilantik sebagai Walikota Bukittinggi. Wakilnya H. Marfendi. Erman Safar dicatat sebagai Walikota Bukittinggi termuda sepanjang sejarah 'Koto Rang Agam' itu. Usianya saat disematkan benggo garuda warna emas itu, baru 35 tahun. Erman lahir 13 Mei 1986.

Di awal 2021 itu kondisi Bukittinggi masih diselimuti berbagai masalah akibat pandemi Covid-19. Hampir semua usaha jasa dan perdagangan lesu. Ekonomi kota stagnan.

Sebagai Walikota baru, Erman Safar sempat terkalang cuek. Sebab, program yang ada di APBD 2021 masih disusun Walikota sebelumnya. Anggaran belanja modal dominan untuk pembangunan fisik seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

Dalam 6 bulan tahun pertama memimpin Kota Bukittinggi, Erman Safar berhasil merampungkan RPJMD 2021-2025. Visi yang diemban Erman Safar: Menciptakan Bukittinggi Hebat Berlandaskan ABS-SBK. Untuk mencapai Visi, di dalam RPJMD dirumuskan 7 Misi yakni Hebat dalam: (1). Peningkatan ekonomi kerakyatan, (2). Sektor pendidikan, (3). Sektor kesehatan dan lingkungan, (4). Sektor pariwisata, seni budaya dan olahraga, (5). Tata Kelola pemerintahan, (6). Sektor sosial kemasyarakatan, dan (7). Hebat dalam sektor pertanian.

Baca juga: Kota Bukitinggi Di Zona Hijau Dalam Standar Pelayanan Publik.

Demi Kesejahteraan

Halaman:

Penulis: Yopi Herdiansyah
Editor: Yopi Herdiansyah
Sumber:

Bagikan:
Ketum PJS Mahmud Marhaba
Dinas Pendidikan  Wilayah 1 Sumbar
Heri Tito Rinaldi, SH, M. Kn