Pesantren Ramadhan SMA 1 X Koto, Hindari Perilaku Menyimpang LGBT

Selasa, 26 Maret 2024, 17:33 WIB | News | Kab. Tanah Datar
Pesantren Ramadhan SMA 1 X Koto, Hindari Perilaku Menyimpang LGBT
Siswa SMA 1 X Koto ikuti Pesantren Ramadhan , berkoloborasi dengan Sekolah lain.

Menarainfo, Tanah Datar- Selasa (26/03) SMA Negeri 1 X Koto Tanah datar, laksanakan Pesantren Ramadhan yang diikuti oleh para siswanya, majelis guru dan nara sumber. Di Masjid Nurul Iman, Jorong Kayu Tanduak X Koto Kabupaten Tanah Datar.

Kepala SMA 1 X Koto Tanah Datar, Drs, Ardelis, mengatakan, Pesantren Ramadhan sesuai dengan Surat Edaran Dinas Provinsi Sumbar, berjalan lancar, sejak 15 Maret lalu , sampai 4 April 2024. Juga berkoloborasi dengan siswa SMK 1 Bukittinggi, dan salah satu SMA dari Padang Panjang.

"Anak-anak disamping melakukan Pesantren ramadhan (PR), ada "Paket Berkah Ramadhan". Siswa yang terpilih di PR, akan memberikan ceramah, tausiyah kultum di masjid-masjid di Kecamatan X Koto," ujarnya.

Menurut dia, program itu walau bukan tahun pertama, ini sangat positif, meningkatkan keimanan terhadap Allah, SWT para siswa antusias melaksanakannya seperti, Qiyamul lail Ramadhan seperti, Shalat Taraweh, membaca Alqur'an atau Tadarus.

Baca juga: Bantuan Banjir Lahar Dingin Diterima Masyarakat Nagari Bukik Batabuah

Para siswa, sebutnya, mengadakan penggalangan dana "Semarak Ramadan" atas inisiatif Osis. Meminta ke para donatur, mulai dari Kepala sekolah, guru guru dan, para alumni SMA 1 X Koto.

Ditemui di Masjid Nurul Iman, Nara sumber Ustad Zulfrizal, menjelaskan, topik materi yang disampaikannya, berhubungan dengan pendidikan karakter, menghindari perilaku menyimpang/ LGBT.

Diterangkan, agar para siswa ini terhindar dari pergaulan dan penyakit menyimpang seperti itu. Untuk itu dengan memberikan penyuluhan kepada anak-anak, seperti rajin melaksanakan Shalat 5 waktu, perbanyak membaca Alqur'an, dan memperdalam ilmu agama.

"Kita mengharapkan para siswa mempunyai akhlak yang bagus, kalau PBM sudah ada disekolah atau bisa di browsing Google, dengan PR ini secara khusus bisa melatih dan merubah anak kearah yang lebih baik, dan mengenal lebih jauh agamanya," pungkasnya. (**)

Baca juga: Bacalon Wako Bukittinggi HTR dan PWI Kota Bukittinggi, Bukber dan Saksikan Launching Cafe

Penulis: Khairunas
Editor: Khairunas
Sumber:

Bagikan:
Ketum PJS Mahmud Marhaba
Dinas Pendidikan  Wilayah 1 Sumbar
Heri Tito Rinaldi, SH, M. Kn