Panen Karya P5 SMA Xaverius Bukittinggi, Silvia Rosnani : Agar Siswa Senang Mempelajari Hal Baru dan Budaya Kolaboratif

Jumat, 31 Mei 2024, 16:44 WIB | News | Kota Bukittinggi
Panen Karya P5 SMA Xaverius Bukittinggi, Silvia Rosnani : Agar Siswa Senang Mempelajari...
Sambutan dari Kepala SMA Xaverius, Dra, Silvia Rosnani, M.Pd

Menarainfo, Bukittinggi- Dipenghujung Tahun Ajaran baru 2023- 2024, kegiatan positif siswa tetap dilakulan oleh sekolah. Diantaranta Panen Karya :Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila" (P5) SMA Swasta Xaverius, yang dibuka di pelataran Jam Gadang Kamis (30/05) dan penutupannya dilaksanakan pada Jum"at 31 Mei 2024 di halaman SMA Xaverius Bukittinggi.

Kepala SMA Xaverius Bukittinggi, Silvia Rosnani, menyampaikan, dengan adanya kegiatan P5 ini, agar para siswa bisa berpikir terbuka dan senang mempelajari hal-hal yang baru, dan budaya kolobaratif dan terus memperbaiki diri.

"Mereka menerima dan berkomitmen terhadap upaya perbaikan untuk yang lebih baik. Karena perkembangan individu akan terhenti bila seorang pelajar tidak mau mempelajarinya," ujarnya.

Hadir, majelis guru, Ketua Yayasan Prayoga, Pengawas Yayasan, dan oran tua murid, foto N
Hadir, majelis guru, Ketua Yayasan Prayoga, Pengawas Yayasan, dan oran tua murid, foto N

Menurutnya, dengan begitu harapnya, anak-anak memelihara rasa ingin tahu dan menemukan kepuasan dengan sesuatu yang baru. Dan terbentuknya karakter belajar sepanjang hayat pada setiap individu yang terlibat didalamnya.

Baca juga: Hari Raya Idul Adha 1445 H, Marfendi : Kita Harus Bergandengan Tangan Dalam Memberantas Pekat di Bukittinggi

Pada panen karya itu, para siswa dengan arahan guru pembimbing, menampilkan produk kewirausahaan. Diantaranya dari Topik, Kearifan lokal, Bangun jiwa raga. Kebhinekaan Tunggal ika, Suara demokrasi, dan Kewirausahaan.

"Kita bisa melihat anak dengan potensi yang dimilikinya, kita menilai hasil karya siswa secara individu," ungkapnya.

Lebih lanjut sambung Rosnani, kepada para pendidik yang selama ini telah berjuang. Sebagai perencana proyek, sebagai fasilitator, sebagai pendamping, dan supervisor ia tak lupa mengucapkan banyak terimakasih.

" Dengan kegiatan P5 ini di SMA Xaverius, akan terciptanya generasi sehat, berbudaya, ber ke Bhinekaan Global serta mampu berkarya di Indonesia," pungkasnya.

Baca juga: SD Fransiskus dan SMP Xaverius Bukittinggi Gelar Perpisahan dan Pelepasan Siswa TA 2023-2024

Nampak hadirin yang mengikuti acara itu, Ketua Yayasan Prayoga, pastor Abadi, Pengawas Yayasan, pastor P Manuel SX, Kepala SMP Xaverius Bukittinggi, Meivi Morissa Massi, S.Pd, serta orang tua siswa. (**)

Asril

Penulis: Khairunas
Editor: Khairunas
Sumber: SMA Xaverius

Bagikan: