Suplai Air Bersih PDAM Tirta Jam Gadang Bukittinggi Dipastikan Terpenuhi

Minggu, 30 Juni 2024, 00:02 WIB | News | Kota Bukittinggi
Suplai Air Bersih PDAM Tirta Jam Gadang Bukittinggi Dipastikan Terpenuhi
Perbaikan PDAM di simpang Jambu Air batas kota Bukittinggi, foto Al

Menarainfo, Bukittinggi - Direktur PDAM Tirta Jam Gadang Bukittinggi, Budi Suhendra, meyakini suplai air bersih ke kota Bukittinggi akan terpenuhi dengan baik walaupun pada kondisi tertentu terjadi penghentian sementara untuk pendistribusian air ke pelanggan.

Budi menjelaskan, beberapa faktor penyebab penghentian sementara, seperti kondisi cuaca dengan intensitas hujan tinggi yang mengakibatkan kekeruhan air baku melebihi ambang batas sehingga operasional sistem terpaksa dihentikan.

Penyebab lainnya adalah perbaikan pipa bocor, seperti yang terjadi pada, Kamis (27/6/2024) sore, di kawasan simpang Jambu Air batas kota tersebut.

Dalam situasi jalan macet, Budi turut mengawal tim teknik distribusi dalam perbaikan pipa 300 mm PVC, salah satu pipa induk PDAM. Pihaknya selalu siap siang maupun malam untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi sekitar 10.100 pelanggan aktif di Kota Bukittinggi.

Baca juga: Hari Jadi Museum Rumah Gadang Nan Baanjuang ke-89, Wadah Utama Pelestarian Benda Cagar Budaya

Terkait ketersediaan air bersih, Budi mengakui bahwa saat ini PDAM Tirta Jam Gadang mengalami defisit sekitar 160 l/dt. Namun, dengan sistem manajerial yang ada, kondisi tersebut masih dapat dikendalikan.

Budi, yang merupakan direktur pertama PDAM Bukittinggi dari internal PDAM dan sebelumnya menjabat sebagai kepala bagian teknik, menambahkan bahwa masalah mendasar di perusahaan selain kekurangan kapasitas air baku adalah tingkat kehilangan air yang masih tinggi akibat usia rata-rata pipa yang sudah sekitar 30 tahun.

"Kami optimis semua permasalahan yang sudah menahun ini dapat diselesaikan segera karena Pemerintah Kota Bukittinggi bersama PDAM sangat aktif berkomunikasi dengan pusat terkait penyelesaian masalah Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Bukittinggi," ujar Budi.

"Dukungan penuh dari Walikota Bukittinggi sebagai Kuasa Pemilik Modal (KPM) terkait peningkatan pelayanan PDAM juga sangat membantu," imbuhnya.

Baca juga: Aktivis Kemanusiaan di Gaza Bang Onim Sambangi Kota Bukittinggi

Ia juga meminta dukungan penuh dari semua stakeholder, khususnya masyarakat Bukittinggi, atas usaha dan upaya yang sedang dilakukan dalam pemenuhan kebutuhan air minum di kota wisata tersebut. (**)

Penulis: Alex
Editor: Khairunas
Sumber: Pdambkt

Bagikan: