Perkuat Komitmen; LAN dan FKAN Jalin Kerjasama Berantas Penyebaran Narkoba Di Sumbar

Sabtu, 07 September 2024, 17:05 WIB | News | Kota Padang
Perkuat Komitmen; LAN dan FKAN Jalin Kerjasama Berantas Penyebaran Narkoba Di Sumbar
konsolidasi LAN dan FKAN
Menarainfo Padang (Sumbar)

- Konsolidasi Lembaga Anti Narkotika (LAN) Povinsi Sumbar dengan Forum Komunitas Anak Nagari (FKAN) Provinsi Sumatera Barat terlaksana di lantai II kantor LKAAM, pada Sabtu, 7 September 2024.

Kantor Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM), Alai Parak Kopi, kecamatan Padang Utara, Kota Padang, siang ini dipadati oleh anggota dan pengurus LAN Sumbar dan FKAN yang melakukan konsolidasi dalam rangka memperkuat komitmen memberantas peredaran gelap narkotika dan maksiat di Sumatera Barat.

Program kerja yang utama adalah mengikutsertakan bundo-bundo kanduang untuk bersama memerangi narkoba agar anak-anak dan masyarakat tidak lagi terperdaya oleh penggunaan narkoba.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Bidang Divisi Walet Reaksi Cepat LAN Sumbar, Muhammad Rosadi, "Tujuan dari kerjasama ini adalah agar bundo kanduang dari Forum Komunitas Anak Nagari ikut serta untuk memberantas penyebaran narkotika. Karena untuk wilayah terkecil seperti kecamatan dan kelurahan, para bundo kanduang dapat langsung mengetahui apa yang terjadi di sekitar mereka dan bundo kanduang bisa melaporkan kepada Lembaga Anti Narkotika, untuk dapat kami tindak lanjut sesuai dengan ketentuannya," kata Rosadi.

Forum Komunitas Anak Nagari terlihat antusias untuk melaksanakan program kerjasama bersama LAN Sumbar, yang nantinya akan diserahkan kepada Pengurus LAN Kota Padang, dan selanjutnya program ini nanti mnyeluruh untuk semua kota dan kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Barat.

Lembaga Anti Narkotika memiliki dua belas Divisi, diantaranya Divisi Perlindungan Perempuan dan Anak, Divisi Agama dan Sosial, Divisi Gerak Cepat dan lainnya. Ketua LAN Sumbar, Firman Sikumbang sangat berharap, "Kerjasama ini merupakan upaya kita agar penyebaran narkoba, terutama di kalangan remaja. Disamping itu kami sekarang sedang mengupayakan rumah rehap yang terletak di Kabupaten Pesisir Selatan," paparnya.

"Dengan melakukan rehabilitasi sekian bulan maka akan membuat anak-anak kita kembali menjadi bisa berkegiatan sebaik-baiknya. Rehabilitasi dilakukan akan dilakukan terlebih dahulu, tanpa harus mengurus atau mengkhawatikan tentang biaya rehabilitasi, karena yang lebih utama untuk mengobati apabila ada anak-anak kita yang memakai narkoba. Dan rehabilitasi ini nanti ditangani langsung oleh dokter di bidangnya," katanya melanjutkan.

Untuk selanjutnya dari hasil konsolidasi didapat bahwa kerjasama ini juga melibatkan anggota serta Pengurus FKAN dan LAN Sumbar, dan akan dibentuk posko-posko di setiap kecamatan, agar pelaksanaannya nanti sesuai dengan rancangan program yang telah disepakati bersama.

Petunjuk Teknis Pembentukan Dan Pergantian Antar Waktu Pengawas TPS Dalam Pemilihan 2024

Penulis: Ernita Desyanti
Editor: Ernita Desyanti
Sumber: erni

Bagikan:
Pengumuman Pendaftaran Calon Anggota Pengawas TPS Kelurahan/ Desa Se Kecamatan Sungayang
Sani - Rito
Payakumbuh Maju