Walikota Erman Safar Berhasil Turunkan Angka Kemiskinan Di Bukittinggi

Jumat, 01 Maret 2024, 05:54 WIB | Ekonomi | Kota Bukittinggi
Walikota Erman Safar Berhasil Turunkan Angka  Kemiskinan Di Bukittinggi
Data BPS Sumbar Anka kemiskinan di Bukittinggi

Menarainfo, Bukittinggi--Kinerja kepala daerah Bukittinggi patut dapat acungan jempol, kenapa tidak, dalam kerja cepat menekan dan turunkan angka kemiskinan di kota Bukittinggi.

Percepatan program peningkatan perekonomian yang dibangun Wali Kota Bukittinggi Erman Safar, menunjukkan hasil memuaskan.

Terbukti menurut data BPS Sumbar, kota Bukittinggi menjadi kota tercepat turunkan angka kemiskinan di Sumbar di tahun 2023.

Baca juga: Menyigi Program Bang Wako dan Energi di Tahun Politik

Pada tahun 2023, terdapat 10 dari 19 wilayah administratif yang mengalami penurunan persentase penduduk miskin dari tahun sebelumnya. Dari 10 wilayah administratif tersebut, Kota Bukittinggi mengalami penurunan paling cepat yakni sebesar 7,85 persen dibanding kabupaten kota lainnya di Sumbar pada tahun 2023.

Persentase penduduk miskin di Kota Bukittinggi, mengalami penurunan dalam dua periode terakhir. Secara keseluruhan persentase penduduk miskin tercatat sebesar 4,11 persen pada Maret 2023.

Pada tahun 2023 terjadi penurunan pada jumlah penduduk miskin, dari 6,16 ribu jiwa menjadi 5,78 ribu jiwa. Jika dilihat pada persentasenya mengalami fluktuasi dan menurun dalam dua tahun terakhir.

Penurunan jumlah penduduk miskin pada tahun 2023 itu, mengindikasikan bahwa pengurangan (migrasi) penduduk Kota Bukittinggi yang bekerja, jumlahnya sedikit dibanding orang yang tidak bekerja.

Baca juga: Himbauan Walikota Bukittinggi Terkait Gunung Marapi

Dan Apabila dikaitkan dengan Garis Kemiskinan (GK), semakin tinggi garis kemiskinan juga menjadi faktor pendorong semakin bertambahnya jumlah dan persentase penduduk miskin.

Heri Tito Rinaldi, SH, M. Kn
Dinas Pendidikan  Wilayah 1 Sumbar

Penulis: Yopi Herdiansyah
Editor: Yopi Herdiansyah
Sumber:

Bagikan:
Ketum PJS Mahmud Marhaba