Kasdim 0306/50 Kota Hadiri Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024, 13:46 WIB | News | Kab. Lima Puluh Kota
Kasdim 0306/50 Kota Hadiri Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah Tahun 2024
Kasdim 0306/50 Kota Hadiri Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah Tahun 2024

Lima Puluh Kota,Menarainfo -- Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0306/50 Kota Mayor Inf Edi Arman mengikuti Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII atau ke-28 tahun 2024. Bertempat di Halaman Kantor Bupati 50 kota, Jl Bukit Limau Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten 50 Kota, Kamis (25/04/2024).

Dimana Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII atau ke-28 tahun 2024 di Kabupaten 50 Kota tersebut Asisten Administrasi Umum Kabupaten 50 Kota Ahmad Zuhdi Perama Putra bertindak menjadi Inspektur Upacara dan dihadiri oleh jajaran Forkopimda dan instansi/dinas terkait serta peserta apel.

Dalam pidatonya, Asisten Administrasi Umum Ahmad Zuhdi Perama Putra membacakan amanat dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, bahwasanya otonomi daerah telah memberikan dampak positif. Hal ini dibuktikan dengan adanya percepatan pembangunan yang ditandai dengan meningkatnya angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM), bertambahnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan kemampuan Fiskal Daerah.

Selain itu, Otonomi Daerah adalah hak, wewenang, dan kewajiban daerah untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca juga: Ribuan Warga Padati RTH Mahkota Berlian Laksanakan Sholat Idul Adha 1445 H

"Dalam UU No. 23 tahun 2014 Pasal 1 ayat 6, Otonomi Daerah adalah hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri Urusan Pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia, "ucapnya.

Hari Otonomi Daerah mengingatkan kembali komitmen bersama pemerintah daerah dalam meningkatkan pelayanan umum, kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan daya saing daerah sebagai tujuan dari otonomi daerah, jelasnya.

Sementara itu Kasdim 0306/50 Kota Mayor Inf Edi Arman dalam keterangannya mengatakan, sejatinya tujuan dari dilaksanakannya otonomi daerah adalah untuk mewujudkan daerah mencapai kemandirian fiskal dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta mendorong terjadinya percepatan dan pemerataan pembangunan.

Momentum hari peringatan ke-28 Hari Otonomi Daerah ini sekaligus bentuk sinergitas dan dukungan TNI dalam hal ini Kodim 0306/50 Kota dalam mewujudkan percepatan pembangunan di Kabupaten 50 Kota.

Baca juga: POKIR Dewan, Dari dan Untuk Siapa?

Diakhir keterangannya, Kasdim 0306/50 Kota Mayor Inf Edi Arman menyampaikan Ucapan Selamat Hari Otonomi Daerah Yang Ke- XXVIII atau ke 28 Tahun 2024.

Halaman:
Asril

Penulis: Ryo briges
Editor: Ryo briges
Sumber:

Bagikan: