Pengecekan Rutin Berkala Untuk Pencegahan Dampak Lingkungan

Kamis, 08 Agustus 2024, 14:02 WIB | News | Kota Padang
Pengecekan Rutin Berkala Untuk Pencegahan Dampak Lingkungan
Tim DLH Kota Padang

MenaraInfo Padang -- Dinas Lingkungan Hidup (LDH) Kota Padang bersinergi menghadapi cuaca ekstrim yang masih membayangi kota Padang. Kepala Dinas (Kadis) ingatkan masyarakat pada Kamis, 8 Agustus 2024, agar menjaga lingkungan sehingga tidak ada dampak cuaca ekstrim terhadap pohon lindung.

Kepada wartawan MenaraInfo Kepala Dinas Lingkungan Hidup mengatakan, "Kewenangan menurut Perda, seluruh pohon yang berada di lahan umum atau bukan di lahan privat (pribadi), itu milik pemerintah. Untuk pemeliharaan Pemko punya tiga tim, yaitu ada klen, ada truk dan ada personil. Dari ke tiga tim ini yang bergerak setiap hari untuk kegiatan pemeliharaan pohon lindung," papar Fadelan Fitra Masta S.T.M.T saat ditemui di ruangannya.

Baca juga: Ketum BKMT Syifa Fauziah Saksikan Acara Dakwis Dan Lantik Pengurus Wilayah Sumbar 2024-2029

"Yang dilakukan oleh tim ini adalah penebangan dan pemangkasan. Yang terbanyak itu adalah pemangkasan. Tim Dinas Lingkungan Hidup melakukan pemantauan atau pengecekan secara berkala, dan apabila ada pengaduan dari masyarakat untuk penanganan pepohonan, maka jadwal dan lokasi yang telah ditentukan akan ditunda terlebih dahulu, karena pelayanan pada masyarakat harus diutamakan," kata Fadelan melanjutkan.

Tugas dan fungsi Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang ditetapkan oleh Peraturan Walikota Padang Nomor 76 Tahun 2016, tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi dan Tata Kerja DLH dengan program yang diantaranya yaitu pengadaan dan pemeliharaan pohon pelindung, penyediaan dan perawatan taman hias dan taman dekorasi, pengembangan sekolah Adywiyata, penyediaan sarana dan prasarana persampahan, pemantauan kualitas air sungai di Kota Padang, tindak lanjut pengaduan masyarakat, serta pengawasan dan pengendalian kegiatan atau usaha yang berdampak lingkungan.

Baca juga: Pohon Timpa Atap Rumah Calya Dan Karimun Di Komp Cendana Mata Air

Fadelan juga mengingatkan masyarakat agar menjaga pohon lindung milik pemerintah, "Jika ada terlihat pohon lindung ditempatnya yang kemungkinan membahayakan maka segera beritahukan kepada DLH, bisa melalui ig @dlh_padang atau melalui pesan wahtsapp.Terutama sekali bagi masyarakat agar tidak merusak lingkungan, seperti membakar dibawah batang pohon, menancapkan paku pada pohon dan meletakkan iklan/sponsor/ reklame/ spanduk di pohon, karena hal ini dapat merusak pepohonan dan bisa mengakibatkan rusaknya pertumbuhan pohon tersebut," terangnya.

Baca juga: Titik Lokasi Pohon Tumbang Akibat Hujan Deras Disertai Badai

Cuaca kota Padang beberapa waktu lalu sering mengalami hujan badai yaitu hujan deras yang disertai angin kencang yang berdampak pada banyaknya pohon tumbang, namun ada yang terjadi di lahan umum dan ada yang di lahan milik pribadi.

Selain tentang pohon tumbang, DLH Kota Padang saat ini lebih menitikberatkan pada penanganan persampahan. Gerobak sampah DLH tersebar hampir di seluruh kota. Hal sampah ini harusnya juga menjadi perhatian warga, karena berdampak pada kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Kadis DLH, Fadelan menerangkan, "Tugas kami termasuk juga dalam hal perawatan dan pemeliharaan taman dekorasi yang ada di sepanjang jalan umum kota," katanya.

Halaman:
Petunjuk Teknis Pembentukan Dan Pergantian Antar Waktu Pengawas TPS Dalam Pemilihan 2024

Penulis: Ernita Desyanti
Editor: Ernita Desyanti
Sumber:

Bagikan:
Pengumuman Pendaftaran Calon Anggota Pengawas TPS Kelurahan/ Desa Se Kecamatan Sungayang
Sani - Rito
Payakumbuh Maju