Emak-Emak di Situjuah Batua Berlomba Baca Teks Proklamasi dan Pancasila

Selasa, 20 Agustus 2024, 14:44 WIB | News | Kab. Lima Puluh Kota
Emak-Emak di Situjuah Batua Berlomba Baca Teks Proklamasi dan Pancasila
Emak-Emak di Situjuah Batua Berlomba Baca Teks Proklamasi dan Pancasila

Limapuluh Kota,Menarainfo -- Luar biasa semangat emak-emak di Jorong Lakuang, Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Limapuluh Kota, dalam merayakan kemerdekaan Indonesia. Selepas mengikuti upacara kemerdekaan tingkat kecamatan di lapangan Chatib Soelaiman pada Sabtu lalu (17/8), mereka berlomba membaca teks Proklamasi, Pancasila, UUD 1945, dan lagu Indonesia Raya.

Lomba yang digelar secara swadaya dan bergotong royong itu, dipusatkan di Jorong Lakuang, Nagari Situjuah Batua. Jorong atau dusun ini, merupakan kampung halaman Hakim Agung Republik Indonesia Profesor Haswandi Dt Rajo Rambaian, mantan Kapten Semen Padang FC Hendra Mahyuni Dt Singo Nan Putiah, mantan Ketua PA Tanjungpati Hj Nini, dan sejumlah tokoh hebat lainnya.

Inisiator lomba ini adalah Dewi Mahyuni yang merupakan pimpinan Panti Jompo atau Panti Sasaran Tresna Wedha "Jasa Ibu". Ni Dewi, putri mantan angggota DPRD Limapuluh Kota Mahyuni Dt Rajo Nan Gomuak itu, menggagas lomba

membaca teks Proklamasi, Pancasila, UUD 1945, dan lagu Indonesia Raya, bersama Kepala Jorong Lokuang, Romel S Fernandes, yang kreatif.

Baca juga: Pemko Payakumbuh Sukses Gelar Pawai Alegoris Meriahkan HUT ke-79 RI

"Lomba ini, kami gelar, untuk mengingatkan kembali emak-emak yang mungkin karena kesibukan bekerja di rumah tangga, karena kesibukan berjualan, karena bekerja sebagai butuh tani di sawah dan ladang, telah lupa dengan naskah proklamasi. Mungkin, waktu SD pernah dulu dibaca, kini sudah lupa. Sekarang, kita ingatkan lagi, lewat lomba ini," kata Dewi Mahyuni bersama Romel S Fernandes, kemarin.

Dalam perlombaan ini, Dewi Mahyuni bersama Romel Fernandes, serta tokoh Bundo Kanduang Hj Aliatun Nurni Paduko Sindo, Hj Nini, Buk Das, Buk Des, dan puluhan emak-emak Jorong Lokuang yang dikenal kompak, mendaulat anggota DPRD Limapuluh Kota, M. Fajar Rillah Vesky, untuk membuka perlombaan sekaligus menjadi juri. Fajar menjadi juri, bersama Uni Linda, anggota Bamus Situjuah Batua, dan Ibu Agus Nofita, guru SD 01 Situjuah Batua.

Saat membuka perlombaan, Fajar menyampaikan ucapan terimakasih sebesar-besarnya dan sehormat-hormatnya, untuk masyarakat Nagari Situjuah Batua, khususnya ibu-ibu Jorong Lakuang, yang tidak hanya kompak dan kreatif. Namun, juga punya jiwa dan nasionalisme yang tingggi. Merayakan kemerdekaan Indonesia dengan membaca ulang teks Proklamasi, Pancasila, UUD 1945, dan lagu Indonesia Raya.

"Api semangat nasionalisme yang menyala dan menggelora ini, harus terus kita rawat dan pupuk bersama sebagai sebuah bangsa. Apalagi, Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal Ika, adalah empat pilar kebangsaan kita. Yang mesti terus kita tanamkan dalam sanubari dan kita wariskan kepada generasi muda," kata Fajar Rillah Vesky.

Baca juga: 79 Tahun Indonesia Merdeka "Jadikan Hari Ini Moment Untuk Memulai Langkah Baru Mencapai Masa Depan Cemerlang

Secara pribadi, Fajar yang datang ke Lokuang bersepeda motor dengan Afrizon Epi dan Dodi Dt Tunaro Mudo, menyampaikan rasa harunya atas segala bantuan dan pengorbanan yang diberikan masyarakat buat dirinya dalam Pemilu 2024 lalu. "Saya masih ingat. Waktu kampanye di Lokuang, saya sebagai caleg, tidak dimintai uang. Malah, dibuatkan nasi dan diajak makan bersama ratusan orang. Kini, setelah terpilih pun, masih saja dibuatkan spanduk, dibuatkan pangggung, dan dibuatkan acara.

Halaman:
Petunjuk Teknis Pembentukan Dan Pergantian Antar Waktu Pengawas TPS Dalam Pemilihan 2024

Penulis: Ryo briges
Editor: Ryo briges
Sumber:

Bagikan:
Dirgahayu PMI
Sani - Rito
Pengumuman Pendaftaran Calon Anggota Pengawas TPS Kelurahan/ Desa Se Kecamatan Sungayang
Payakumbuh Maju
Penerimaan Pendaftaran Pengawas TPS Kecamatan Sungai Tarab