Himbauan Walikota Bukittinggi Terkait Gunung Marapi

Rabu, 10 Januari 2024, 15:43 WIB | News | Kota Bukittinggi
Himbauan Walikota Bukittinggi Terkait Gunung Marapi
Himbauan Walikota Bukittinggi Erman Safar terkait kondisi gunung Marapi

Menarainfo, Bukittinggi - Erupsi gunung Marapi terjadi lagi, berdasarkan pengamatan visual 1-8 Januari 2024 Gunung Marapi terlihat jelas hingga tertutup kabut.

Teramati asap kawah utama berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal dengan tinggi sekitar 150-700 meter di atas puncak.

Erupsi teramati dengan tinggi kolom 700 meter di atas puncak dengan kolom erupsi berwarna kelabu. Cuaca cerah hingga hujan, angin lemah ke arah utara, timur laut, selatan, dan barat daya. Suhu udara sekitar 19-27,5 derajat celsius

Kondisi Marapi paska naik status menjadi siaga.
Kondisi Marapi paska naik status menjadi siaga.

Akibatnya Status Gunung Marapi di Sumatera Barat naik dari Level II (Waspada) ke Level III (Siaga). Warga diminta tidak beraktivitas di radius 4,5 Km.

Baca juga: Menyigi Program Bang Wako dan Energi di Tahun Politik

Walikota Bukittinggi Erman Safar menghimbau agar masyarakat sekitar dan para pendaki agar tetap waspada dan menghindari aktifitas radius 4.5 km dari puncak Marapi.

Pertama, masyarakat yang bermukim di sekitar Gunung Marapi, pendaki, pengunjung atau wisatawan agar tidak memasuki atau berkegiatan di wilayah radius 4,5 kilometer dari pusat erupsi (kawah verbeek).

Kedua, bila beraktifitas diluar ruangan agar mengunakan masker.

Tiga,semua pihak agar tidak menyebar informasi bohong atau (hoak) menjaga kondusivitas masyarakat.

Baca juga: Walikota Erman Safar Berhasil Turunkan Angka Kemiskinan Di Bukittinggi

Masyarakat, instansi pemerintah atau instansi terkai agar memantau aktifitas Marapi melalui aplikasi android magma indonesia

Halaman:

Penulis: Yopi Herdiansyah
Editor: Yopi Herdiansyah
Sumber:

Bagikan: