Berakhirnya Fenomena El Nino Akan Disambut La Nina, BMKG Ingatkan Agar Tetap Waspada

*Ernita Desyanti

Rabu, 31 Juli 2024 | Artikel
Berakhirnya Fenomena El Nino Akan Disambut La Nina, BMKG Ingatkan Agar Tetap Waspada
dampak kemarau

Bagi daerah yang mengalami La Nino karena sebelumnya musim kemarau di daerah ini lalu menjadi basah, meskipun La nina kondisinya lemah dan atau meskipun dengan curah hujan sedang namun tetap dapat memicu bencana. Apalagi di saat El Nino beberapa daerah terbuka akibat kemarau dan disaat hujan datang dapat memicu bencana hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang dan longsor. Jadi perlu waspada akibat masuknya La Nina. Hal ini tergantung kondisi kerusakan tanahnya.

Upaya Pencegahan Dampak Di Sektor Pertanian

BMKG berkoordinasi dengan Kementrian PUPR sejak April 2024 melakukan modifikasi cuaca untuk mengisi waduk, kembung-kembung dan menyiapkan beberapa sumur bor dan dengan para petani.

Sejak awal tahun 2024 BMKG memberikan pengarahan dengan para petani agar petani dapat menyesuaikan pola tanam. Merupakan upaya agar petani tidak kaget dan sudah siap menyesuaikan potensi kekeringan yang 10% tadi. dan di wilayah lain BMKG menyiapkan dengan kondisi kemarau basah hingga setelah Agustus atau pertengahan akhir bulan Agustus nanti.

Telah diberitahukan kepada para petani untuk mengantisipasi fenomena cuaca dengan cara beradaptasi. Petani diharap mengetahui waktu untuk cocok menanam serta menyediakan udara untuk lahan, dimaksudkan agar petani tidak mengalami gagal panen.

Upaya Pencegahan Di Sektor Umum

Selain itu diingatkan untuk tetap harus memelihara lingkungan agar lingkungan tidak semakin rusak dan untuk antisipasi terjadi bencana sehingga datangnya La Nina, baik potensi kemarau basah atau potensi kering tidak banyak berpengaruh.

 

Penutup

El Nino dan La Nina merupakan

peristiwa gejala alam yang terjadi disebabkan karena penyimpangan iklim akibat ulah manusia. Peristiwa ini menimbulkan banyak permasalahan terhadap kehidupan masyarakat Indonesia mulai dari kebakaran hutan, asap, kekeringan, gagal panen, dan ancaman kelaparan serta kemudian dilanjutkan dengan la nina akan terjadi musim hujan yang berkepanjangan dan mengakibatkan ancaman terjadinya banjir , tanah longsor yang dapat mengakibatkan banyak korban jiwa .

Halaman:

*download pdf gratis

Petunjuk Teknis Pembentukan Dan Pergantian Antar Waktu Pengawas TPS Dalam Pemilihan 2024
Bagikan:
Dirgahayu PMI
Sani - Rito
Pengumuman Pendaftaran Calon Anggota Pengawas TPS Kelurahan/ Desa Se Kecamatan Sungayang