Musibah Banjir Bandang Sumbar Terparah Tahun Ini, BNTB Ikut Turun Ke Lokasi Bencana

Minggu, 12 Mei 2024, 15:14 WIB | News | Kab. Agam
Musibah  Banjir Bandang Sumbar Terparah Tahun Ini, BNTB Ikut Turun Ke Lokasi Bencana
Lokasi banjir Galodo di nagari Bukik Batabuah Kabupaten Agam/ nas

Menarainfo, Agam - Malang tak dapat ditolak Mujur tak dapat diraih. Hujan lebat dengan curah hujan yang tinggi terjadi selama 3 jam lebih, menyebabkan musibah lahar dingin dan Galodo Gunung Marapi kembali menghantam Bukik Batabuah Kabupaten Agam, Sabtu malam (1I/05).

Kerugian materil di nagari Bukik Batabuah dan Kecamatan Sungai Puar, ditaksir mencapai ratusan juta rupiah, serta korban jiwa mencapai puluhan orang dan mungkin akan bertambah disebabkan korban hilang yang belum ditemukan untuk dievakuasi.

Bukan itu saja, menurut data sementara BNPB daerah yang diperoleh, banjir bandang di Kabupaten Agam cukup parah juga menghantam nagari Galuang Sungai Pua,, Koto Tuo, Lasi, dan Maninjau.

Koordinatar  BNTP, Tasman
Koordinatar BNTP, Tasman

Sementara di Kota Padang Panjang, yang terkena dampak banjir bandang adalah, Kelurahan Pasa Usang, Silaing bawah, serta batas kota di Lembah Anai. Sedangkan di Kabupaten Tanah Datar yang terdampak di Batipuah, Singgalang X Koto, limo Kaum, Koto Laweh, Aia Angek dan Pandai Sikek.

Baca juga: Terpana . . . . . .

Dikesempatan itu, Bank Nagari Tanggap Bencana (BNTB) dengan Koordinator, Tasman, menyampaikan ucapan belasungkawa yang sedalam-dalamnya bagi korban terdampak bencana.

"Bank Nagari sangat peduli dengan musibah dan kondisi saat ini. Kami dipagi hari sudah turun ketitik. lokasi di Bukik Batabuah untuk memberikan sedikit bantuan bagi para relawan dan petugas dari semua lini ," ujarnya di lokasi bencana Bukik Batabuah, Minggu ( 12/5/2024).

Dikatakan Tasman, yang juga Pimpinan Bank Nagari Bukittinggi, managemen bencana yang sudah diatur oleh pemerintah, untuk sama-sama dihormati. Agar bencana ini cepat berlalu dan evakuasi terhadap para korban jiwa dan materil pulih seperti yang diharapkan.

"Sebagai lembaga, kami sangat peduli dengan musibah ini, untuk nasabah yang terdampak bencana. Nanti kita akan berikan bantuan secara stimulus, sehingga secara ekonomi diharap bisa pulih kembali," tutupnya.

Baca juga: Car Free Day Di Padang

Hingga berita ini diturunkan, tim gabungan penanggulan bencana dan warga sekitar masih berjibaku mencari korban yang hilang terbawa arus. (**)

Donasi Bencana Banjir Bandang Lahar Dingin Kabupaten Agam

Penulis: Khairunas
Editor: Khairunas
Sumber:

Bagikan:
Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Sedunia
Untuk lima puluh kota lebih baik