Wujud Kepedulian Terhadap Lingkungan, Babinsa Bersama Warga Bersihkan Tumpukan Sampah Yang Berserakan

Kamis, 04 Januari 2024, 16:42 WIB | News | Kota Payakumbuh
Wujud Kepedulian Terhadap Lingkungan, Babinsa Bersama Warga Bersihkan Tumpukan Sampah...
Babinsa Bersama Warga Bersihkan Tumpukan Sampah Yang berserakan
Payakumbuh, Menarainfo

-- Sebagai upaya menciptakan kawasan lingkungan yang bersih, Babinsa dari Koramil 01 Payakumbuh Kodim 0306/50 Kota Sertu Budi Kurniawan bersama warga masyarakat melaksanakan gotong royong membersihkan tumpukan sampah yang berserakan.

Sampah sampah tersebut sudah sangat mengganggu kenyamanan lingkungan, dan penempatannya pun sudah tidak dalam koridornya, ucap Babinsa, dimana berada tepat didepan pagar SMA Negeri 3 Payakumbuh Kelurahan Tigo Koto Dibaruh Kecamatan Payakumbuh Utara.

Yang apabila tidak segera ditangani tentunya akan berdampak serius kepada para siswa dan masyarakat yang sedang beraktifitas yang menggunakan akses jalan tersebut, baunya yang tidak sedap dan mengganggu pernafasan.

Hal inilah yang mendorong kita untuk melakukan gotong royong dengan harapan masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan dengan demikian mampu untuk mencegah lingkungan kotor yang dapat menimbulkan penyakit, ucap Babinsa.

Baca juga: Dandim 0306/50 Kota Meminta Koramil Jajarannya Petakan Lokasi Rawan Bencana

Dalam pesannya Babinsa juga mengimbau warga masyarakat untuk mengelola sampah secara mandiri, hal itu dilakukan agar sampah tetap terkendali dan tidak menimbulkan penumpukan, sesuai yang pernah disampaikan pemerintah kota Payakumbuh paska terjadinya longsor di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Payakumbuh.

Masyarakat dapat memilah sampah ditempat masing-masing menjadi tiga jenis dan ditempatkan pada tiga kantong terpisah. Seperti, sampah organik, sampah anorganik dan sampah residu, sampah organik dapat dikelola dengan cara pola komposting. Sementara itu, sampah anorganik yang masih bisa dijual dapat disalurkan melalui pemulung atau lapak bekas.

Babinsa Sertu Budi Kurniawan berharap masyarakat dapat memahami kondisi darurat sampah ini. "Ayok kita budayakan mengelola sampah di rumah dan lingkungan kita sendiri untuk menciptakan lingkungan yang bersih, asri dan nyaman, "pungkasnya.

Donasi Bencana Banjir Bandang Lahar Dingin Kabupaten Agam
Untuk lima puluh kota lebih baik

Penulis: Ryo briges
Editor: Ryo briges
Sumber:

Bagikan:
Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Sedunia