Intensitas hujan yang cukup tinggi, Tebing Di Kapalo Koto Ampangan Longsor Sebabkan Akses Jalan Tertutup

Sabtu, 06 Januari 2024, 12:22 WIB | News | Kota Payakumbuh
Intensitas hujan yang cukup tinggi, Tebing Di Kapalo Koto Ampangan Longsor Sebabkan Akses...
Sebuah Tebing Di Kapalo Koto Ampangan Longsor Sebabkan Akses Jalan Tertutup
Payakumbuh, Menarainfo

--- Sebuah tebing di Kelurahan Kapalo Koto Ampangan, Kecamatan Payakumbuh Selatan terban akibat longsor sehingga menyebabkan tertutupnya akses jalan di lokasi tersebut. Dari data di lapangan, lokasi kejadian berada di jalan dari Pabrik Tahu Urang Awak menuju Kantor Lurah Kapalo Koto Ampangan.

Intensitas hujan yang cukup tinggi di Kota Payakumbuh sejak Jumat (05/01) malam, mengakibatkan terjadinya longsor yang lebih besar, karena sebelumnya area tersebut sudah pernah longsor tapi tidak sebesar yang terjadi pada Sabtu (6/1) pagi.

Pj. Wali Kota Payakumbuh Jasman telah menginstruksikan kepada dinas terkait untuk mengerahkan alat berat untuk membersihkan material longsor di lokasi kejadian. Proses pembersihan dipimpin oleh Asisten III Setdako Ifon Satria Chan.

"Terimakasih kepada tim siaga bencana Kota Payakumbuh dan masyarakat yang telah bergerak cepat membersihkan sisa longsoran yang menutup hampir seluruh badan jalan. Alhamdulillah, berkat bantuan dari masyarakat dan tim siaga bencana insyaallah jalan akan segera bisa dilalui kembali," ucapnya.

Baca juga: Komisi V Siap Bantu Pemprov Sumbar Revitalisasi Infrastruktur Tangani Bencana

Ifon juga memiminta kepada masyarakat agar tetap berhati-hati, karena saat ini cuaca tidak menentu, kadang hujan kadang panas. Jadi tidak bisa memprediksi kapan bencana akan datang.

"Tetap waspada, semoga tidak ada lagi bencana di daerah kita," tutupnya.

Sementara itu, dari keterangan Camat Payakumbuh Selatan Asmar Efendi, sebelumnya juga terjadi longsor di lokasi tersebut, namun tidak sebesar yang tadi malam.

"Tadi malam hujan cukup deras, sehingga kembali terjadi longsor di jalan menuju kantor lurah. Kita bersama masyarakat, tim siaga bencana dan OPD terkait telah gotong royong bersama membersihkannya," tutupnya.

Baca juga: Ketua MUI Sumbar, Gusrizal Gazahar : Jika Kita Pandai Minta Ampun Kepada Allah, Janji Allah Tidak Akan Menurunkan Azab Nya

Donasi Bencana Banjir Bandang Lahar Dingin Kabupaten Agam
Untuk lima puluh kota lebih baik

Penulis: Ryo briges
Editor: Ryo briges
Sumber:

Bagikan:
Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Sedunia