KPU Kota Payakumbuh Luncurkan Tahapan dan Maskot Pilkada, Pj.Wako : Rentan Konflik Jaga Situasi Keamanan

Kamis, 27 Juni 2024, 04:52 WIB | News | Kota Payakumbuh
KPU Kota Payakumbuh Luncurkan Tahapan dan Maskot Pilkada, Pj.Wako : Rentan Konflik Jaga...
KPU Kota Payakumbuh Luncurkan Tahapan dan Maskot Pilkada, Pj.Wako : Rentan Konflik Jaga Situasi Keamanan

Dia mengapresiasi cukup tingginya partisipasi pemilih kota payakumbuh pada Pemilu 2024 lalu. Ini membuktikan sosialisasi dan penyebarluasan informasi penyelenggaraan Pemilu 2024 cukup baik, dan dapat ditingkatkan lagi pada Pilkada Serentak yang akan berlangsung pada Rabu, 27 November 2024 nanti.

Menurut dia, penyelenggaraan Pilkada 2024 cukup berat dan menantang, selain KPU dengan seluruh jajarannya tengah bersiap menyelenggarakan tahapan Pilkada ternyata di ikuti juga dengan penyelenggaraan Pemungutan Suara Ulang (PSU) calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Sumbar berdasarkan Putusan Mahkamah Konstitusi (MK)

Untuk pelaksanaan PSU DPD menurut Jons Manedi akan dilakukan pada 13 Juli 2024 dengan 16 calon anggota DPD termasuk didalamnya tambahan calon DPD yang baru Irman Gusman dengan menggunakan TPS yang sama saat Pemilu 14 Februari 2024 lalu atau penyelenggaraannya dilaksanakan 45 hari setelah putusan MK.

"Ini merupakan tantangan yang harus dilaksanakan oleh seluruh jajaran penyelenggara pemilu di semua tingkatan di Sumatera Barat. Kita harus siap kendati tahapan Pilkada juga harus dilakukan secara bersamaan. Untuk itu jaga kesehatan dan stamina, jangan tanya berapa honor untuk PSU DPD tersebut " sebut Jons Manedi.

Ditempat yang sama, Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh Suprayitno memastikan dirinya beserta jajaran akan mendukung penuh seluruh tahapan penyenggaraan Pemilihan Serentak Nasional 2024 atau Pilkada yang puncaknya akan dilaksanakan Rabu 27 November 2024.

Hal tersebut disampaikannya saat Peluncuran tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Payakumbuh tahun 2024 di Kota Payakumbuh. Pada kesempatan itu juga diperkenalkan Maskot Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Payakumbuh yakni Plikko.

"Kami sampaikan apresiasi dan dukungan penuh kepada penyelenggara dalam hal ini KPU Kota Payakumbuh dan Bawaslu Kota Payakumbuh beserta jajaran, atas tugas berat yang akan diemban," kata Pj Wako Payakumbuh Suprayitno.

Ia percaya bahwa seluruh penyelenggara akan bekerja dengan sebaik-baiknya, penuh tanggung jawab dan integritas yang tinggi demi tercapainya Pilkada yang berkualitas.

"Alhamdulillah untuk suksesnya Pilkada, Pemko Payakumbuh telah menuntaskan 100 persen dukungan berupa pencairan dana hibah Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Payakumbuh dengan total anggaran sebesar Rp.20.752.641.000 yang berasal dari APBD Kota Payakumbuh," ujarnya.

Tidak hanya dari penyelenggara, sambung Suprayitno, dukungan pemerintah, TNI, Polri, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, Tokoh Masyarakat, Partai Politik, dan masyarakat sangat dibutuhkan dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkada.

Oleh karena itu, pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam setiap tahapan pilkada ini. Selanjutnya Sebagai warga negara yang baik, tentunya kita memiliki tanggung jawab untuk memastikan pilkada ini berjalan dengan jujur, adil, dan transparan.

Halaman:
Petunjuk Teknis Pembentukan Dan Pergantian Antar Waktu Pengawas TPS Dalam Pemilihan 2024

Penulis: Ryo briges
Editor: Ryo briges
Sumber:

Bagikan:
Pengumuman Pendaftaran Calon Anggota Pengawas TPS Kelurahan/ Desa Se Kecamatan Sungayang
Sani - Rito
Payakumbuh Maju