Babinsa Bersama Warga Bersihkan Tumpukan Sampah Yang Menutupi Badan Jalan

Jumat, 05 Januari 2024, 23:05 WIB | News | Kota Payakumbuh
Babinsa Bersama Warga Bersihkan Tumpukan Sampah Yang Menutupi Badan Jalan
Babinsa Bersama Warga Bersihkan Tumpukan Sampah Yang Menutupi Badan Jalan

Payakumbuh, Menarainfo -- Salah satu persoalan yang menghantui Kota Payakumbuh saat ini dan sudah menjadi momok yang sangat menakutkan adalah terkait sampah.

Permasalahan sampah yang dihadapi Payakumbuh pada saat ini sudah sangat mengkhawatirkan. Hampir setiap pinggir jalan ditemui tumpukan sampah. Banyak sampah bertumpukan di Tempat Pembuangan Sementara yang tidak tertampung.

Tumpukan sampah tersebut juga mengeluarkan aroma tidak sedap, belum lagi dampak yang akan di timbulkan oleh sampah-sampah tersebut, berbagai jenis penyakit akan mengancam kesehatan warga Payakumbuh.

Atas dasar itulah personil Babinsa dari Koramil 01 Payakumbuh Kodim 0306/50 Kota Serda Rahmad turut membantu perangkat kelurahan bersama masyarakat setempat mengatasi masalah sampah yang sempat membludak di badan jalan, berlokasi di Kelurahan Padang Tongah Balai Nan Duo Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh. Jumat, (5/1/2024).

Baca juga: Darurat Sampah, TPAS Regional Kembali Dibuka Untuk 2 Bulan, Masyarakat 2 Nagari Pertanyakan Kompensasi Dampaknya

Kami bersama warga dan aparat pemerintahan kelurahan melakukan kegiatan ini agar lingkungan menjadi bersih serta pengendara yang lewat di jalan tidak tergangu dengan aroma sampah yang menyengat, tutur Babinsa.

Tumpukan sampah ini berasal dari sampah rumah tangga. Sampah yang menumpuk dibersihkan dikumpulkan dan dimasukkan ke mobil sampah yang sudah disiapkan kemudian dibuang ke tempat pembuangan sampah.

Selain itu Babinsa juga berpesan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan saat Payakumbuh menghadapi darurat sampah ini, serta menjalankan Instruksi dan edaran Pemko berkaitan dengan penanganan sampah dari hulu rumah tangga dengan memilah sampah organik dan an organik, memanfaatkan sampah organik sebagai pupuk bagi tanaman yang dimiliki, pungkasnya.

Donasi Bencana Banjir Bandang Lahar Dingin Kabupaten Agam
Untuk lima puluh kota lebih baik

Penulis: Ryo briges
Editor: Ryo briges
Sumber:

Bagikan:
Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Sedunia