Material Longsor Tutupi Badan Jalan, Babinsa Bersama Dinas PUPR Dan Dibantu Warga Lakukan Pembersihan

Jumat, 26 Januari 2024, 17:25 WIB | News | Kota Payakumbuh
Material Longsor Tutupi Badan Jalan, Babinsa Bersama Dinas PUPR Dan Dibantu Warga Lakukan...
Material Longsor Tutupi Badan Jalan, Babinsa Bersama Dinas PUPR Dan Dibantu Warga Lakukan Pembersihan

Payakumbuh,Menarainfo -- Personil Babinsa dari Koramil 07 Kapur IX Kodim 0306/50 Kota Serka Masdodi bersama Dinas PUPR dan dibantu warga masyarakat melaksanakan kerja bakti pembersihan material longsor yang menutupi jalan yang menghubungkan jalan Pangkalan - Sialang di Nagari Lubuk Alai Kecamatan Kapur IX. Jumat. (26/1/2024).

Longsor terjadi akibat hujan deras dengan intensitas yang cukup tinggi dalam beberapa hari ini mengakibatkan terjadinya longsor yang menutupi badan jalan, sehingga kendaraan roda dua maupun roda empat tidak dapat melewati jalan tersebut, ujar Serka Masdodi dalam keterangannya.

Untuk membuka akses jalan tersebut, Babinsa bersama Dinas PUPR dan dibantu warga setempat melakukan gotong royong membersihkan material longsor dengan melibatkan satu unit Eskapator.

Dengan kegiatan gotong royong ini diharapkan arus lalu lintas yang melewati jalan di Nagari Lubuk Alai Kecamatan Kapur IX dapat berjalan normal kembali baik kendaraan roda dua maupun roda empat sehingga aktivitas warga berjalan dengan baik, tambahnya.

Baca juga: Layanan Internet Pemko Payakumbuh Putus Total, Pelayanan dan Kerja Pegawai Terganggu

Saat ini, jalan sudah terbuka dan bisa dilalui pengendara, namun pengguna jalan harus tetap waspada karena bisa saja longsor kembali terjadi mengingat sebab sampai saat ini kondisi curah hujan masih cukup tinggi, ucapnya.

Sementara itu Bati Tuud Koramil 07 Kapur IX Serma Edi secara terpisah menyampaikan bahwa salah satu tugas TNI dalam hal ini Babinsa yaitu membantu warga, mengatasi kesulitan rakyat di sekelilingnya serta menjadi motor penggerak sehingga warga masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan.

Ditambahkan Serma Edi, sesuai perintah dari bapak Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Adri Asmara Yudha, jajaran Koramil melalui Babinsa di lapangan untuk selalu tanggap dan waspada, serta terus memonitor atau memantau perkembangan situasi di wilayah binaan masing-masing bila mana terjadi hal yang tidak diinginkan, termasuk bencana tanah longsor ini sehingga masyarakat bisa lekas terbantu atau tertolong guna mengurangi resiko kerugian yang lebih besar, pungkasnya.

Donasi Bencana Banjir Bandang Lahar Dingin Kabupaten Agam
Untuk lima puluh kota lebih baik

Penulis: Ryo briges
Editor: Ryo briges
Sumber:

Bagikan:
Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Sedunia