KPU Kota Bukittinggi Menganjurkan Paslon untuk Mencari Tenaga Ahli Administrasi Silon

Sabtu, 04 Mei 2024, 22:16 WIB | News | Kota Bukittinggi
KPU Kota Bukittinggi Menganjurkan Paslon untuk Mencari Tenaga Ahli Administrasi Silon
Sosialisasi pendaftaran bakal calon perseorangan dalam pemilihan kepala daerah tahun 2024 berlangsung di salah satu Hotel Kota Bukittinggi (04/05/24).

Menara Info, Bukitinggi - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bukittinggi telah menggelar sosialisasi pendaftaran bakal calon perseorangan dalam pemilihan kepala daerah tahun 2024 di salah satu Hotel Kota Bukittinggi (04/05/24). Dalam acara tersebut, KPU menekankan pentingnya bagi para calon perseorangan untuk mencari tenaga ahli administrasi yang kompeten untuk mendukung kelancaran proses administratif, terutama dalam penggunaan Sistem Informasi Pemilihan Online (Silon).

Sosialisasi ini dihadiri oleh sejumlah stakeholder terkait, organisasi mahasiswa, organisasi masyarakat, dan yang sampai saat ini satu-satunya calon perseorangan yang berminat untuk bertarung dalam kontestasi kepala daerah. Kehadiran mereka dipandang sebagai langkah awal yang positif dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses demokrasi.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kota Bukittinggi, Satria Putra, mengatakan bahwa pendaftaran bakal calon kepala daerah ada dua cara yang dapat diusung. "Pertama bakal calon diusung dari partai politik, kemudian yang kedua bakal calon didukung oleh masyarakat minimal 10% dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) 2024 Kota Bukittinggi," terang Satria Putra.

Namun demikian, pemaparan sosialisasi oleh Sapri Miswardi menyoroti tantangan yang mungkin dihadapi dalam penggunaan Silon, terutama dalam hal administrasi. "Kami menganjurkan para calon perseorangan untuk mencari tenaga ahli administrasi yang mumpuni dalam menggunakan Silon. Hal ini akan membantu meminimalisir potensi kesalahan teknis yang bisa terjadi selama proses pendaftaran dan supaya dapat mempercepat pekerjaan," tuturnya.

Baca juga: Terduga LGBT Diamankan Satpol PP

Sosialisasi ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, dimana para hadirin dan bakal calon perseorangan dapat mengajukan pertanyaan terkait prosedur pendaftaran dan penggunaan Silon. KPU Kota Bukittinggi juga menyediakan layanan di helpdesk bagi para calon yang membutuhkan bantuan lebih lanjut.

Dengan adanya sosialiasi ini, diharapkan proses pemilihan serentak nasional atau kepala daerah di Kota Bukittinggi pada 27 November 2024 dapat berjalan dengan lancar dan transparan.

Asril

Penulis: Hartono
Editor: Hartono
Sumber:

Bagikan: