Marapi Kembali Erupsi, Abu Vulkanik Sampai ke Bandara Internasional Minangkabau

Jumat, 22 Desember 2023, 20:39 WIB | News | Sumbar
Marapi Kembali Erupsi, Abu Vulkanik Sampai ke Bandara Internasional Minangkabau
Penampakan erupsi Marapi Jumat siang pukul 12.19 WIB.

Menarainfo, Padang - Gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) kembali erupsi pada Jumat siang tadi.

Pembaharuan data dari Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Marapi merilis, Marapi kembali erupsi pada Jumat (22/12/2023) pukul 12.19 WIB dengan tinggi kolom abu tidak teramati.

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30 MM dan durasi sementara ini lebih kurang 1 menit 2 detik. Erupsi masih berlangsung saat laporan sedang dibuat" jelas laporan PGA Marapi.

Saat ini Gunung Marapi berada pada Status Level II (Waspada) dengan rekomendasi masyarakat di sekitar Marapi dan pengunjung/wisatawan/pendaki tidak diperbolehkan memasuki dan melakukan kegiatan di dalam wilayah radius 3 km dari pusat aktivitas (Kawah Verbeek) Marapi.

Sementara Abu vulkanik erupsi Gunung Marapi terdeteksi sampai ke Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar).

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Kelas II Minangkabau, Padang Pariaman, Desindra Deddy Kurniawan mengatakan erupsi Gunung Marapi terdeteksi di BIM sekitar pukul 15.00 WIB sore.

Akibatnya penerbangan di Bim akan di tutup sampai batas yang belum ditentukan.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyarankan masyarakat di sekitar Gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar), untuk menggunakan masker guna menghindari Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) akibat paparan abu vulkanik.

Apabila terjadi hujan abu vulkanik, katanya, masyarakat diimbau segera mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang menumpuk agar tidak roboh.

Sebelumnya Gunung Marapi mengalami erupsi diiringi dentuman yang didengar jelas oleh warga di sekitar Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam pada Sabtu (16/12/2023) dini hari.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga mencatat terjadinya gempa berkekuatan 2,3 magnitudo dengan kedalaman 6 kilometer, persisnya di jam 03.14 WIB dengan lokasi pusat gempa di 8 kilometer barat daya Kota Bukittinggi.

Donasi Bencana Banjir Bandang Lahar Dingin Kabupaten Agam
Untuk lima puluh kota lebih baik

Penulis: Yopi Herdiansyah
Editor: Yopi Herdiansyah
Sumber:

Bagikan:
Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Sedunia