Status Gunung Marapi Naik Level Menjadi Siaga,Masyarakat Diminta Tidak Melakukan Aktivitas Radius 4,5 Km Dari Puncak

Selasa, 09 Januari 2024, 22:29 WIB | News | Sumbar
Status Gunung Marapi Naik Level Menjadi Siaga,Masyarakat Diminta Tidak Melakukan...
Gunung Marapi Bukittinggi ketika erupsi pada 3 Desember 2023

Bukittinggi, Menara Info -- Seiring meningkatnya aktivitas Gunung Marapi di Sumatera Barat, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan bahwa status Marapi naik level dari Waspada (level II) menjadi Siaga (level III). Terhitung mulai hari ini Selasa 9 Januari 2024 pukul 18.00 WIB.

Masyarakat yang bermukim di sekitar Gunung Marapi, pendaki, pengunjung atau wisatawan agar tidak memasuki atau berkegiatan di wilayah radius 4,5 kilometer dari pusat erupsi (kawah verbeek).

Selanjutnya masyarakat yang bermukim di sekitar lembah, aliran dan bantaran sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Marapi agar selalu mewaspadai potensi atau ancaman bahaya lahar yang dapat terjadi terutama saat musim hujan

Jika terjadi hujan abu masyarakat diimbau menggunakan masker penutup hidung dan mulut untuk menghindari gangguan saluran pernapasan, serta perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit. Selain itu, warga diimbau mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang tebal agar tidak roboh.

Seluruh pihak diimbau tetap menjaga suasana kondusif di tengah masyarakat, tidak menyebarkan narasi bohong (hoaks), dan tidak terpancing isu-isu yang sumbernya tidak jelas.

Rekomendasi selanjutnya yakni Pemerintah Kota Bukittinggi, Kota Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar, dan Kabupaten Agam agar senantiasa berkoordinasi dengan PVMBG di Bandung, atau Pos Pengamatan Gunung Marapi di Kota Bukittinggi.

Marapi sekarang berstatus sama dengan Gunung Anak Krakatau Lampung, Gunung Merapi Jawa Tengah, Gunung Semeru Jawa Timur dan Gunung Lewatobi Laki-laki Nusa Tenggara Timur.

Donasi Bencana Banjir Bandang Lahar Dingin Kabupaten Agam

Penulis: Yoza Isra
Editor: Yoza Isra
Sumber: PVMBG

Bagikan:
Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Sedunia
Untuk lima puluh kota lebih baik