Gunung Marapi Sumbar Kembali Erupsi, Lontarkan Abu Vulkanik Setinggi 1,3 Kilometer

Minggu, 14 Januari 2024, 16:06 WIB | News | Sumbar
Gunung Marapi Sumbar Kembali Erupsi, Lontarkan Abu Vulkanik Setinggi 1,3 Kilometer
Gunung Marapi Sumbar Erupsi, Lontarkan Abu Vulkanik Setinggi 1,3 Kilometer
Sumbar, Menarainfo

--- Gunung Marapi yang berada di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengalami erupsi pagi ini, Minggu (14/1/2024).

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Marapi, Teguh Purnomo menyebut erupsi tersebut terjadi pada pukul 06.21 WIB.

Menurut penjelasannya tinggi kolom abu teramati sekitar 1.300 meter (m) di atas puncak."Terjadi erupsi Gunung Marapi pada hari Minggu, 14 Januari 2024, pukul 06:21 WIB. Tinggi kolom letusan teramati 1300 m di atas puncak ( 4191 m di atas permukaan laut)," kata Teguh dalam keterangan tertulis.

Ia melaporkan kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat laut.Seperti diketahui, gunung Marapi saat ini berada pada Status Level III atau Siaga.

Terkait hal tersebut, masyarakat di sekitar gunung Marapi dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak memasuki dan tidak melakukan kegiatan di dalam wilayah radius 4.5 km dari pusat erupsi (Kawah Verbeek).

"Masyarakat yang bermukim di sekitar lembah/aliran/bantaran sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Marapi agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar yang dapat terjadi terutama di saat musim hujan," ujar Teguh.

Lebih lanjut, ia menyebut, jika terjadi hujan abu maka masyarakat diimbau untuk menggunakan masker penutup hidung dan mulut.

Upaya ini untuk menghindari gangguan saluran pernapasan (ISPA), serta perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit.

"Selain itu agar mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang tebal agar tidak roboh," ucapnya.

Tak hanya itu, ia juga mengimbau kepada seluruh pihak agar menjaga kondusivitas suasana di masyarakat, tidak menyebarkan narasi bohong (hoax), dan tidak terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya.

"Masyarakat harap selalu mengikuti arahan dari Pemerintah Daerah," tegasnya.

Donasi Bencana Banjir Bandang Lahar Dingin Kabupaten Agam
Untuk lima puluh kota lebih baik

Penulis: Ryo briges
Editor: Ryo briges
Sumber:

Bagikan:
Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Sedunia